Implementasi Manajemen Kurikulum terhadap Kualitas Pembelajaran di Kelompok A2 TK Dharma Indria I Patrang Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2018/2019
Abstract
Kegiatan pembelajaran merupakan salah satu bentuk aktualisasi kurikulum, sehingga guru harus memahami hal-hal yang berkaitan dengan manajemen kurikulum. Salah satunya adalah prosedur dalam mengembangkan kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), yang mencakup perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, ketenagaan pengembangan, dan penilaian/evaluasi. Prosedur tersebut harus terpenuhi supaya pembelajaran yang terjadi dapat dikatakan sebagai pembelajaran yang berkualitas.
Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah implementasi manajemen kurikulum terhadap kualitas pembelajaran di kelompok A2 TK Dharma Indria I Patrang Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2018/2019?”. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis implementasi manajemen kurikulum terhadap kualitas pembelajaran di kelompok A2 TK Dharma Indria I Patrang Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2018/2019.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, yang dilakukan di TK Dharma Indria I selama 2 minggu. Subjek penelitian adalah guru dan anak kelompok A2 di TK Dharma Indria I dengan jumlah 12 anak, sedangkan sumber data yang diperoleh dari informan pendukung yaitu kepala sekolah TK Dharma Indria I. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 18 Februari 2019 sampai dengan 01 Maret 2019 dengan jumlah 10 kali pertemuan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi dengan alat bantu check list, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif Miles dan Hubberman yakni melalui empat tahapan yaitu proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi manajemen kurikulum di TK Dharma Indria I terlaksana dengan cukup baik, dan sesuai dengan prosedur pengembangan kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang mencakup perencanaan, pengorganisasian, implementasi /pelaksanaan, ketenagaan pengembangan, dan evaluasi. Perencanaan yang dilakukan mulai dari perencanaan program tahunan dan semester, jadwal kegiatan, menyusun tema, dan program pelaksanaan pembelajaran mingguan/harian yang dilaksanakan pada awal tahun pembelajaran, dengan cara guru melakukan rapat awal tahun. Pengorganisasian yang dilaksanakan di TK Dharma Indria I lebih memfokuskan mengenai keselarasan antara materi pembelajaran dengan tujuan pembelajaran yang telah guru tetapkan sebelumnya. Pelaksanaan kurikulum yang dilaksanakan fokus pada hal-hal yang berkaitan dengan persiapan dan proses pembelajaran, sehingga pembelajaran dapat berjalan secara efektif dan efisien. Berkenaan dengan ketenagaan pengembangan, guru dan kepala sekolah saling berkoordinasi mengenai tumbuh kembang anak, untuk dijadikan sebagai acuan dalam melakukan perbaikan kurikulum. Terkait dengan evaluasi kurikulum di TK Dharma Indria I dilaksanakan pada akhir tahun, dan perbaikan kurikulum yang dilakukan disesuaikan dengan lingkungan dan kebutuhan anak. Implementasi manajemen kurikulum tersebut dapat mempengaruhi proses pembelajaran yang terjadi, karena anak-anak dapat mengembangkan kemampuan dan aspek perkembangannya secara optimal.
Sebagai saran penguatan, guru diharapkan memaksimalkan penggunaan media pembelajaran, karena media pembelajaran penting untuk menarik perhatian anak. Selain menarik perhatian anak dengan menggunakan media pembelajaran, anak akan mendapatkan pengalaman yang nyata dalam pembelajaran, karena anak dapat melihat dan membayangkan apa yang telah dijelaskan oleh guru.