Efek Mediasi Kinerja Perusahan pada Laporan Corporate Social Responsibility dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan
Abstract
Nilai perusahaan merupakan suatu hal yang penting bagi setiap perusahaan publik.
Sartono (2010: 487) menjelaskan bahwa nilai perusahaan menjadi penentu dari
nilai jual sebuah perusahaan sebagai suatu bisnis yang sedang beroperasi. Kinerja
perusahaan dapat menjadi penentu tinggi rendahnya nilai perusahaan karena
kinerja perusahaan dapat menjadi sinyal positif bagi para investor. Sutrisno (2009)
menjelaskan bahwa informasi pada laporan keuangan menggambarkan mengenai
informasi terkait kondisi perkembangan keuangan perusahaan. Laporan kegiatan
CSR juga menjadi suatu isu yang penting bagi seluruh perusahaan yang ada di
dunia tidak terkecuali perusahaan yang ada di Indonesia dengan dikeluarkannya
peraturan Undang-Undang No. 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. Ukuran
perusahaan juga dapat meningkatkan kinerja perusahaan yang berdampak pada
peningkatan nilai perusahaan. Perusahaan yang memiliki ukuran yang besar akan
selalu berusaha menciptakan kinerja yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah
(1) Untuk menguji dan menganalisis adanya pengaruh dari laporan Corporate
Social Responsibility terhadap kinerja perusahaan (2) Untuk menguji dan
menganalisis adanya pengaruh dari laporan Corporate Social Responsibility
terhadap nilai perusahaan (3) Untuk menguji dan menganalisis adanya pengaruh
dari ukuran perusahaan terhadap kinerja perusahaan (4) Untuk menguji dan
menganalisis adanya pengaruh dari ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan
(5) Untuk menguji dan membuktikan adanya pengaruh dari kinerja perusahaan
terhadap nilai perusahaan Penelitian ini dilakukan pada perusahaan Badan Usaha Milik Negara
(BUMN) sebagai subjek penelitian. Penelitian dengan menggunakan laporan
tahunan dan laporan CSR yang dihasilkan pada tahun 2013-2017 sebagai data
penelitian. Populasi penelitian berjumlah 20 perusahaan dan sampel penelitian ini
ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling berjumlah 50 sampel
sesuai dengan kriteria.
Hasil penelitian membuktikan bahwa: (1) Laporan Corporate Social
Responsibility memiliki pengaruh langsung terhadap kinerja perusahaan, (2)
Laporan Corporate Social Responsibility tidak memiliki pengaruh langsung
terhadap nilai perusahaan., (3) Ukuran perusahaan memiliki pengaruh terhadap
kinerja perusahaan, (4) Ukuran perusahaan tidak memiliki pengaruh langsung
terhadap nilai perusahaan, (5) Kinerja perusahaan memiliki pengaruh terhadap
nilai perusahaan (6) Kinerja perusahaan memiliki efek mediasi pada pengaruh
Corporate Social Responsibility dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan.
Collections
- MT-Science of Economic [204]