Show simple item record

dc.contributor.advisorSri Astutik
dc.contributor.advisorSinggih Bektiarso
dc.contributor.authorKOESTINI, Eva
dc.date.accessioned2019-09-10T07:44:09Z
dc.date.available2019-09-10T07:44:09Z
dc.date.issued2019-09-10
dc.identifier.nim150210102039
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92679
dc.description.abstractPada abad ke-21, pendidikan menjadi kebutuhan yang sangat penting untuk menciptakan sumber daya manusia yang memiliki berbagai keterampilan dalam menggunakan teknologi dan media informasi. Berdasarkan keterampilan abad 21, siswa perlu dibekali keterampilan dan kemampuan kreativitas. Tingkat kreativitas ilmiah siswa dalam pembelajaran fisika memberikan peranan yang nyata terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Kemampuan kreativitas ilmiah siswa masih tergolong rendah karena pembelajaran masih berpusat pada guru, sehingga siswa tidak memiliki kesempatan untuk mencari dan menyampaikan ide nya. Selain itu masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami konsepkonsep fisika sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar fisika. Pembelajaran menggunakan model collaborative creativity (CC) sangat baik diterapkan di sekolah, karena pembelajarannya berpusat pada siswa. Pembelajaran yang berpusat pada siswa dapat meningkatkan kemampuan kreativitas ilmiah siswa. Model collaborative creativity (CC) ini dapat melatih siswa untuk menemukan solusisolusi baru dalam memecahkan permasalahan fisika yang ada melalui diskusi. Dengan diskusi siswa dapat membuktikan kebenaran dari konsep-konsep fisika yang telah dipahami melalui praktikum yang dilakukan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengkaji pengaruh yang signifikan model pembelajaran Collaborative Creativity (CC) terhadap kreativitas ilmiah siswa SMA. 2) Mengkaji pengaruh yang signifikan model pembelajaran Collaborative Creativity (CC) terhadap hasil belajar fisika siswa SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penentuan tempat penelitian menggunakan teknik purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Mumbulsari. Sampel penelitian ditentukan menggunakan metode cluster random sampling dengan teknik undian setelah sampel kelas dinyatakan homogen saat dilakukan uji homogenitas. Desain penelitian menggunakan Non Equivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, yaitu tes kreativitas ilmiah dan tes hasil belajar. Metode analisis data kreativitas ilmiah dan hasil belajar yang digunakan untuk menguji hipotesis statistiknya menggunakan uji Independent sample t-test dengan bantuan SPSS 23. Data yang diperoleh antara lain nilai rata-rata kreativitas ilmiah hasil belajar siswa. Nilai rata-rata kreativitas ilmiah kelas eksperimen sebesar 71,02, sedangkan data nilai rata-rata kreativitas ilmiah kelas kontrol sebesar 62,27. Berdasarkan hasil analisis data kreativitas ilmiah siswa, diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,005 ≤ 0,05. Jika disesuaikan dengan kriteria pengujian dapat disimpulkan Ha diterima dan H0 ditolak berarti bahwa rata-rata nilai kreativitas ilmiah siswa kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol, sehingga model pembelajaran Collaborative Creativity berpengaruh signifikan terhadap kreativitas ilmiah siswa di SMA. Nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 77,91, sedangkan data nilai rata-rata hasil belajar kelas kontrol sebesar 71,8. Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar siswa, diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,030 ≤ 0,05. Jika disesuaikan dengan kriteria pengujian dapat disimpulkan Ha diterima dan H0 ditolak yang berarti bahwa rata-rata nilai hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol, sehingga model pembelajaran Collaborative Creativity (CC) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar fisika siswa di SMA. Berdasarkan data dari kelas eksperimen dan kelas kontrol, diperoleh beberapa kesimpulan. Kesimpulan pertama, model pembelajaran Collaborative Creativity (CC) berpengaruh signifikan terhadap kreativitas ilmiah. Kedua, model pembelajaran Collaborative Creativity (CC) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar fisika siswa di SMA.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectCollaborative Creativity (CC)en_US
dc.subjectKreativiatas Ilmiahen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Collaborative Creativity (CC) terhadap Kreativiatas Ilmiah dan Hasil Belajar Fisika Siswa di SMAen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record