• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peran ASEAN University Network (AUN) dalam Regionalisasi Pendidikan Tinggi

    Thumbnail
    View/Open
    WILDAN ABDUL AZIZ - 130910101046.pdf (2.842Mb)
    Date
    2019-09-09
    Author
    ABDUL AZIZ, wildan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    ASEAN University Network didirikan pada November 1995 sebagai badan khsusu ASEAN yang menangani pendidikan tinggi di ASEAN. Dengan jumlah universitas di ASEAN menurut IAU (2016) yang lebih dari 2.332 universitas, AUN memiliki 30 universitas anggota dan 67 associate members. Dengan cakupan dan mandat besar tersebut, dalam penelitian ini akan dibahas bagaimana peran yang diupayakan AUN dalam regionalisasi pendidikan tinggi di ASEAN & Indonesia. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode dekriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan studi kepustakaan dan wawancara. Informan yang diambil dalam wawancara ini antara lain; 1) Sekretariat AUN; 2) Universitas dari Indonesia yang bergabung dalam AUN sejak pertama dibentuk, dalam hal ini Universitas Gadjah Mada; dan 3) Universitas dari Indonesia yang bergabung dalam AUN setelah penambahan anggota, dalam hal ini Universitas Airlangga. Wawancara dilakukan dengan pertemuan langsung (face to face) dan melalui e-mail. Penelitian ini menggunakan konsep regionalisasi pendidikan tinggi dan Model FOPA dari Knight (2014). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam rangka regionalisasi pendidikan tinggi AUN mempunyai peran sebagai wadah (platform) & fasilitator kerjasama. secara umum peran AUN dalam regionalisasi pendidikan tinggi telah memenuhi ketiga pendekatan (fungsional, organisasional, dan politik) dalam Model FOPA. Khususnya dalam pendekatan fungsional upaya yang dilakukan melalui dua jalur, antara lain; penyelarasan sistem dan program kolaborasi. Penyelarasan sistem yang dilakukan meliputi; penyelarasan kurikulum (Tuning Asia-South East), penyelarasan sistem kredit akademik (AUN-ASEAN Credit Transfer System), dan penjaminan kualitas (AUN-Quality Assurance). Sementara program kolaborasi diupayakan dengan berbagai skema beasiswa, forum kolaborasi, dan program-program dalam AUN Sub-networks. Meskipun AUN telah memiliki empat output dalam regionalisasi pendidikan tinggi (Knight, 2016) antara lain; kualitas program, menjawab masalah regional/global, identitas kawasan, dan orientasi masa depan. Namun cakupan yang terbatas hanya pada beberapa universitas saja (30 member universities dan 67 associate members) menjadi kendala mendasar AUN untuk memberikan output dan dampak yang lebih besar di seluruh ASEAN.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92670
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5682]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository