Pengaruh Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing Disertai Media PhysicPoly (Monopoli Fisika) Pada Materi Alat-Alat Optik terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa SMA di Jember
Abstract
Dalam pembelajaran fisika, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan. Banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut, mulai dari guru hanya melakukan pengajaran secara teacher centered, pembelajaran hanya terbatas dengan pemberian materi, siswa hanya disuruh mengerjakan soal ,dan siswa hanya menghafalkan rumus. Hal tersebut berpengaruh bagi minat dan hasil belajar siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, perlu dilakukan care yang inovatif seperti menggunakan bahan berbasis permainan edukatif seperti monopoli. Monpoli sendiri dapat menumbuhkan minat siswa dalam pembelajaran karena siswa dengan kelompoknya dapat berrnain sambil mengerjakan soal. Permainan edukatif sendiri perlu diterapkan oleh guru untuk menghilangkan kejenuhan siswa. Selain permainan edukatif guru juga bisa menerapkan model pembelajaran yang membuat siswa secara aktif mencari pengetahuan sendiri salah satunya dengan menggunakan inkuiri terbimbing. Pada penelitian ini peneliti menggunakan Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing Disertai Media PhysicPoly (Monopoli Fisika) dengan tujuan untuk : (1) mengkaji pengaruh lembar kerja siswa (LKS) berbasis inkuiri terbimbing disertai media physicpoly (Monopoli Fisika) pada materi Alat-Alat optik terhadap hasil belajar siswa SMA di Jember. (2) mengkaji pengaruh lembar kerja siswa (LKS) berbasis inkuiri terbimbing disertai media physicPoly (Monopoli Fisika) pada materi Alat-Alat optik terhadap minat belajar siswa SMA di Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMAN 1 Arjasa. Responden ditentukan dengan menggunakan uji homogenitas pada kelas XI IPA di SMAN 1 Arjasa, populasi kelas XI IPA sebanyak 5 kelas dan yang akan diambil untuk diteliti ada 2 kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penentuan sampel dengan cluster random sampling.desain penelitian menggunakan Post-Test Only Control Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi, observasi, wwancara, tes, dan angket. Sumber data yang diperoleh berasal dari angket dan post-test. Teknik analisa data menggunakan Independent Sample T-Test dengan menggunakan software SPSS 23 untuk menjawab rumusan masalah yang pertama arena data terd.istribusi normal. Hasil analisis dari tujuan penelitian yang pertama menggunakan Independent Sample Tr Test didapatkan basil uji pihak kanan nilai sig,(1-tailed) lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05).. Ho ditolak HI diterima sehingga LKS berbasis Inkuiri Terbimbing Disertai Media Physicpoly berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hasil dari analisis tujuan yang kedua menggunakan Independent Sample T-Test karena data terdistribusi normal. Dan hasil uji pihak kanan nilai sig, (1-tailed) lebih besar dari 0,05 (0,478 > 0,05). Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis maka Ho diterima HI ditolak sehingga LKS berbasis Inkuiri Terbimbing Disertai Media Physicpoly tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar siswa. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan dari penelitian ini bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan LKS berbasis inkuiri terbimbing disertai media physicspoly (monopoli fisika) pada materi alat-alat optik terhadap hasil belajar siswa. (2) Tidak ada pengaruh yang signifikan LKS berbasis inkuiri terbimbing disertai media physicspoly (monopoli fisika) pada materi alat-alat optik terhadap minat belajar siswa.