Pengembangan Media Maze Tiga Dimensi untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Kelompok A di TK Kartika IX-36 Sumbersari Jember Tahun Pelajaran 2018/2019
Abstract
Perkembangan motorik halus merupakan suatu kemampuan yang melibatkan bagian tubuh tertentu saja yang memerlukan koordinasi mata dan tangan. Peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui bermain dapat diterapkan dalam proses pembelajaran anak usia dini. Indikator pada keterampilan motorik halus anak yaitu mengontrol gerakan tangan menggunakan otot halus, kemampuan anak di TK Kartika IX-36 pada kelompok A masih belum sepenuhnya tercapai. Oleh karena itu, diperlukan media pendukung dan menarik yang memudahkan anak dalam pembelajaran motorik halus. Media maze tiga dimensi dapat menjadi alternatif untuk mengembangkan keterampilan motorik halus dengan menggunakan metode bermain dalam pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model 4-D yang dikemukakan oleh Thiagarajan. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini ialah media maze tiga dimensi. Subjek penelitian ini yakni anak kelompok A di TK Kartika IX-36 Sumbersari Jember yang berjumlah 16 anak. Uji pengembangan dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Data yang diperoleh dari penelitian ini yaitu hasil validasi media maze tiga dimensi dan perangkat pembelajaran yang digunakan pada pembelajaran, hasil pengamatan keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media maze tiga dimensi, serta keefektifan pembelajaran dengan menggunakan media maze tiga dimensi yang ditentukan oleh hasil belajar anak, aktivitas guru dan respon guru.