Implementasi Orientasi Pasar Wisata Bahari Lamongan di Kabupaten Lamongan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Orientasi Pasar Wisata Bahari Lamongan di Kabupaten lamongan. Objek penelitian ini adalah Wisata Bahari Lamongan dan informan pada penelitian ini adalah General Manager, Koordinator Marketing, Sekertaris Manajer Personalia, Staf Marketing, Staf Pariwisata Golongan 3a, Customer. Jenis penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Alat analisis yang digunakan yaituanalisis domain analisis taksonomi. Analisis domain merupakan alat analisis yang digunakan untuk menganalisis gambaran umum dari objek penelitian, sedangkan analisis taksonomi merupakan alat yang digunakan untuk menganalisis keseluruhan data dari objek penelitian berdasarkan domain yang telah ditentukan dan kemudian analisis lebih mendalam.
Hasil analisis ini menerangkan bahwa Wisata Bahari Lamongan adalah tempat wisata bahari yang terletak dipesisir Utara pantai Jawa, tepatnya di Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Wisata Bahari Lamongan atau biasa disebut WBL menawarkan oase tersendiri bagi wisatawan. Tempat wisata ini berdiri sejak 14 November 2004. sebagai hasil pengembangan obyek wisata yang telah ada sebelumnya, yaitu Pantai Tanjung Kodok. Memaduka konsep wisata bahari dan wisata fantasi dalam area seluas 17 hektar, WBL siap memanjakan pengunjung dengan konsep one stop service mulai jam 08.30-16.30 WIB setiap harinya. Didukung pula dengan hadirnya 3 wahana baru setiap tahunnya. Selain itu tersedia pula fasilitas pendukung seperti pasar hidangan, pasar wisata, pasar buah dan pasar ikan. Serta fasilitas-fasilitas umum lainnya seperti musholla, ATM, klinik, toilet, tempat ibu menyusui, parkir, akses internet gratis dan lain sebagainya dan 48 wahana yang bisa dinikmati.
Wisata Bahari Lamongan dikelola oleh PT Bumi Lamongan Sejati, yakni sebuah perusahaan yang terhimpun dari Pemda Lamongan dan PT Bunga Wangsa Sejati. Kiat pemerintah dalam wahana wisata tersebut Pemda Lamongan meningkatkan dan mengembangkan Asset wahana wisata tersebut Pemda Lamongan telah bekerja sama dengan pihak swasta, yaitu PT. Bunga Wangsa Sejati dengan Jatim Park Batu Malang membentuk PT. Bumi Lamongan Sejati dengan sistem bagi hasil dan prosentase selama 25 tahun, sebagai konsekwensi pemasaran untuk tingkat kunjungan PT. Bumi Lamongan Sejati memberikan target yang harus dicapai kepada Management Wisata Bahari Lamongan sekitar 1.100.000 pengunjung pertahun, saham investasinya 55% adalah swasta dan 45% adalah Pemda Lamongan dan mayoritas tenaga kerjanya 80% adalah putra daerah. Wisata Bahari Lamongan ini juga terhubung secara integratif dengan destinasi wisata andalan lainnya di Jawa Timur, seperti Maharani Zoo & Goa Maharani serta Tanjung Kodok Resort.
Wisata Bahari Lamongan menganggap bahwa pesaing sebagai tolak ukur atau cerminan, hal ini terlihat dari kegiatan kerjasama. Wisata Bahari Lamongan memiliki potensi yang berbeda dari tempat lainnya. Memiliki beberapa departemen dalam struktur organisasi salah satunya departemen Marketing. Dalam pelaksanaannya, departemen Marketing memiliki banyak kegiatan yang berbasis online dan offline. Dalam hal produk dan fasilitas Wisata Bahari Lamongan selalu mengeluarkan inovasi-inovasi baru setiap tahunnya dan melakukan perbaikan secara berkala. Wisata Bahari Lamongan bekerja sama dengan beberapa pesaing dengan cara pemasaran media promosi pada masing-masing tempat wisata. Melakukan kegiatan yang mengadopsi teknologi baik kegiatan pemasaran maupun kegiatan internal, sehingga destinasi wisata menjadi lebih terbukadan mampu bersaing secara merata dengan yang lainnya.