Pengaruh Multimedia Interaktif Courselab Terhadap Daya Tarik dan Motivasi Peserta Didik Pada Pembelajaran Sejarah Kelas XI IPS SMAN 5 Jember
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk menganalisis pengaruh multimedia interaktif courselab terhadap daya tarik belajar peserta didik pada pembelajaran sejarah; dan (2) untuk menganalisis pengaruh multimedia interaktif courselab terhadap motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran sejarah. Manfaat penelitian ini adalah: (1) untuk dapat memahami dan melaksanakan pembelajaran sejarah yang menyenangkan dengan menggunakan multimedia interaktif courselab; (2) sebagai tambahan pengetahuan dan memperluas wawasan dalam menggunakan media pembelajaran untuk
meningkatkan kualitas belajar dan pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik; (3) sebagai sumbangan pemikiran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sejarah dengan menggunakan multimedia interaktif courselab; dan (4) sebagai referensi dan pengembangan untuk penelitian lebih lanjut yang berkaitan dengan penggunaan multimedia interaktif courselab. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen dan desain penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Design bentuk One-Group PretestPosttest Design yang sesuai dengan rumusan masalah dan tujuan penelitian. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik paired t test untuk mengetahui pengaruh multimedia interaktif courselab terhadap daya tarik belajar peserta didik diperoleh hasil thitung (14,872) > ttabel (2,045) dan nilai probabilitas (0,000) < 0,05. Sedangkan untuk mengetahui pengaruh multimedia interaktif courselab terhadap motivasi peserta didik diperoleh hasil thitung (24,230) > ttabel (2,045) dan nilai probabilitas (0,000) < 0,05. Hasil penelitian pengaruh multimedia interaktif courselab terhadap daya tarik dan motivasi peserta didik pada pembelajaran sejarah kelas XI IPS SMAN 5 Jember menunjukkan hasil bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan multimedia interaktif courselab terhadap daya tarik belajar peserta didik pada pembelajaran sejarah; dan (2) ada pengaruh yang signifikan multimedia interaktif courselab terhadap motivasil peserta didik pada pembelajaran sejarah. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah multimedia interaktif courselab dapat mempengaruhi daya tarik belajar dan motivasi peserta didik dalam pembelajaran sejarah kelas XI IPS SMAN 5 Jember. Melalui kesimpulan diatas, maka saran dari peneliti adalah agar pendidik diharapkan menggunakan multimedia interaktif courselab pada pembelajaran sejarah karena dapat meningkatkan daya tarik dan motivasi belajar peserta didik, pendidik sejarah dan calon pendidik sejarah diharapkan dapat mengembangkan dan menggunakan media pembelajaran lain agar dapat membantu meningkatkan kualitas pembelajaran, dan peneliti lain diharapkan dapat mengembangkan untuk penelitian lebih lanjut yang berkaitan penggunaan multimedia interaktif courselab dengan desain yang dapat mengontrol semua variabel luar.