• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Penggunaan LKS Berbasis Masalah Kontekstual Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Yessy Novita Sari - 150210102058_.pdf (5.991Mb)
    Date
    2019-09-05
    Author
    SARI, Yessy Novita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini yaitu: 1) mengkaji pengaruh penggunaan LKS berbasis masalah kontekstual terhadap hasil siswa SMA, 2) mengkaji pengaruh penggunaan LKS berbasis masalah kontekstual terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan di SMAN 1 Cluring Banyuwangi. Adapun sebelum pemilihan sampel dilakukan uji homogenitas dan penentuan sampel menggunakan metode cluster random sampling. Desain penelitian ini yaitu Post Test Only Control Group Design dengan metode pengumpulan data meliputi tes, observasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan teknik uji t berbantuan software SPSS 23. Setelah dilakukan analisis dengan menggunakan independent sample ttest. Diketahui bahwa nilai pre-test hasil belajar pada kelas eksperiment dan kelas kontrol memiliki nilai sig > 0.05. Berdasarkan kriteria pengujian jika p > 0.05 maka H0 yang berbunyi tidak ada perbedaan antara hasil belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol diterima. Disimpulkan kedua kelas memiliki kemampuan awal kognitif yang homogen. Sama halnya untuk nilai kemampuan awal siswa pada tes keterampilan berpikir kritis. Pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diketahui nilai sig > 0.05. Berdasarkan kriteria pengujian jika p > 0.05 maka H0 yang berbunyi tidak ada perbedaan antara nilai keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen dengan kelas kontrol diterim. Disimpulkan kedua kelas memiliki kemampuan awal yang homogen. Pada post-test hasil belajar memiliki nilai sig < 0.05. Berdasarkan kriteria pengujian jika p < 0.05 maka H0 yang berbunyi hasil belajar siswa pada kelas eksperimen tidak berbeda secara signifikan dengan hasil belajar siswa kelas kontrol ditolak, dan Ha yang berbunyi hasil belajar siswa pada kelas eksperimen berbeda secara signifikan dengan hasil belajar siswa kelas kontrol diterima. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan LKS berbasis masalah kontekstual terhadap hasil belajar siswa SMA. Pada post-test keterampilan berpikir kritis memiliki nilai sig < 0.05. Berdasarkan kriteria pengujian jika p < 0.05 maka H0 yang berbunyi keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen tidak berbeda secara signifikan dengan keterampilan berpikir kritis siswa kelas kontrol, dan Ha yang berbunyi keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen berbeda secara signifikan dengan keterampilan berpikir kritis siswa kelas kontrol diterima. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan LKS berbasis masalah kontekstual terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMA. Berdasarkan analisi data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah; 1) penggunaan LKS berbasis masalah kontekstual berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar, 2) penggunaan LKS berbasis masalah kontekstual berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92571
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository