• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGGUNAAN PERKERASAN ASPAL RECYCLING PADA CAMPURAN ASPHALT CONCRETE-WEARING COURSE (AC-WC) TERHADAP STABILITAS CAMPURAN LASTON

    Thumbnail
    View/Open
    Ubnu F. Karimulloh_1.pdf (467.8Kb)
    Date
    2013-12-16
    Author
    UBNU FAJAR KARIMMULLOH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kodisi jalan yang ada sekarang sebagian telah mengalami kerusakan kerusakan dan memerlukan biaya penanganan yang besar. Dalam pelaksanaannya selain memerlukan biaya yang besar juga semakin kekurangan material yang memenuhi persyaratan. Jika dana tidak mencukupi maka metode rehabilitasi jalan yang lebih efektif dan efisien harus didapatkan. Peningkatan jalan dengan cara penambahan lapis tambahan yang terus menerus akan mengakibatkan tebal lapis perkerasan semakin tebal dan bahan yang diperlukan semakin menipis. Teknologi daur ulang merupakan salah satu alternative pemecahan karena efektif dan efisien. Penggunaan kembali (daur ulang ) aspal dan agregat eks perkerasan selain ekonomis juga menunjang kebutuhan akan konservasi sumber daya alam. Tujuan penelitian dengan menggunaan aspal beton daur ulang dengan penambahan aspal yang digunakan sebagai lapisan perkerasan pada campuran Asphalt Concrete-Wearing Course (AC-WC) dan untuk mengetahui nilai stabilitas, kelelehan, VIM, VMA, VFA. Penelitian ini di Laboratorium Transportasi Universitas Jember pada bulan April 2011 sampai bulan Mei 2011. Bahan yang digunakan pada penelitian ini adalah Aspal Recycling hasil mesin skruper terletak di lokasi jalan tingkat provinsi kilometer 209-211 kecamatan Mayang Jember, aspal penetrasi 60/70. Penelitian menggunakan proporsi campuran 100% Aspal Recycling. Dari hasil uji Marshall dengan penggunaan kadar aspal yang memenuhi persyaratan spesifikasi Bina Marga (1999) ialah kadar aspal optimum yang dapat digunakan adalah 7,3 %. Jadi penambahan aspal adalah kadar aspal optimum hasil – kadar aspal hasil ekstraksi 7,3 % - 3 % = 4,3 %. Sehingga Reclamed Asphalt Pavement (RAP) vii pada penelitian ini dapat dimanfaatkan kembali sebagai bahan campuran perkerasan lentur jalan raya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9256
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4211]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository