Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Kartu Prabayar simPATI Telkomsel (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember Angkatan 2015-2017)
Abstract
Meningkatnya kebutuhan masyarakat akan sarana komunikasi telepon seluler menciptakan peluang bisnis dan persaingan bisnis bagi perusahaan telekomunikasi. Telepon seluler dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat jika dilengkapi dengan kartu prabayar. Kartu prabayar merupakan produk yang di produksi perusahaan untuk melengkapi kegunaan telepon untuk berkomunikasi dan browsing atau menjelajah internet. Perusahaan seluler di Indonesia memanfaatkan peluang yang bagus untuk menarik keuntungan dari bisnis telekomunikasi. Telkomsel, XL, Indosat merupakan beberapa produk kartu prabayar yang ada di Indonesia dengan pengguna atau konsumen yang banyak
Telkomsel memberikan kualitas yang diharapkan dapat memenuhi keinginan konsumen. Kualitas produk yang ditawarkan kartu prabayar Telkomsel diantaranya memiliki kualitas jaringan yang bagus, terdapat customer servis disetiap daerah yaitu Grapari dan tersedianya bermacam bonus pilihan telepon dan sms maupun internet. Kartu simPATI masuk dalam Top Brand Award dan menduduki urutan pertama yang artinya produk kartu simPATI adalah produk terbaik yang selalu dicari dan dibeli konsumen. Kartu simPATI memperoleh peringkat teratas mencerminkan adanya kepuasan dan kepercayaan para pengguna telepon terhadap produk dan layanan simPATI.
Sesuai dengan rumusan masalah yang ada, maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen kartu prabayar simPATI Telkomsel pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember angkatan 2015-2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode angket, observasi dan wawancara. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 41 responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis inferensial yang terdiri atas analisis garis regresi linier sederhana, analisis varian regresi, uji F, efektifitas garis regresi, dan standart error of estimates.
Hasil analisis data yang telah dilakukan menunjukkan bahwa variabel kualitas produk sebagai variabel bebas secara signifikan mempengaruhi variabel kepuasan konsumen sebagai variabel terikat. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji F yang menunjukkan bahwa nilai F hitung = 263,707 > F tabel = 4,09 dengan tingkat signifikansi F = 0,000 < α = 0,05. Nilai koefisien korelasi dalam penelitian ini yaitu 0,933 dengan tingkat korelasi yang tergolong sangat kuat. Sedangkan nilai R square = 0,871 yang berarti bahwa persentase pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat sejumlah 87,1%. Sisanya yaitu 12,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti harga, kualitas pelayan dan citra merek.