Analisis Aspek-Aspek Nilai Moral dalam Kearifan Lokal Rumah Adat Using Desa Kemiren Banyuwangi sebagai Alternatif Bahan Ajar di Sekolah Dasar
Abstract
Kearifan lokal ini bisa dikenalkan pada anak usia dini melalui sekolah formal, agar terjaga kelestariannya. Berdasarkan Kompetensi Dasar 3.2 Mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia, dan KD 4.2 Menyajikan hasil identifikasi mengenai keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia, nilai-nilai moral dalam kearifan lokal rumah adat Using ini dapat dijadikan sebagai alternatif bahan ajar di Sekolah.
Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu, (1) apakah nilai-nilai moral yang terkandung dalam Rumah Adat Desa Using Kemiren?; dan (2) bagaimanakah pemanfaatan nilai moral dalam Rumah Adat Kemiren sebagai alternatif bahan ajar di Sekolah Dasar. Tujuan pada penelitian ini yaitu, (1) mendeskripsikan nilai-nilai moral dalam Rumah Adat Desa Using Kemiren; dan (2) mendeskripsikan pemanfaatan nilai moral dalam Rumah Adat Kemiren sebagai alternatif bahan ajar di Sekolah Dasar.
Penelitian ini menggunakan rancangan dan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data diperoleh melalui hasil wawancara dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini adalah data yang berupa hasil wawancara, tulisan, baik kata-kata, kalimat-kalimat, maupun paragraf yang mendeskripsikan nilai-nilai yang terdapat dalam rumah adat Using Desa Kemiren. Sumber data dalam penelitian ini yaitu narasumber saat wawancara pengamatan langsung ke lokasi, buku dokumentasi dan artikel. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai yang terdapat dalam rumah adat Using Desa Kemiren, yaitu (1) nilai moral tentang hubungannya dengan Tuhan, (2) nilai moral tentang hubungannya dengan diri sendiri yang meliputi nilai tanggung jawab, percaya diri, dan berpikir logis, (3) nilai moral tentang hubungannya dengan sesama yang meliputi nilai peduli, saling berbagi, gotong royong, dan patuh kepada orang tua, (4) nilai moral tentang hubungannya dengan lingkungan yaitu menjaga kebersihan, dan (5) nilai kebangsaan. Analisis nilai moral dalam rumah adat Suku Using Kemiren Banyuwangi ini dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar materi kearifan lokal di Kemiren Banyuwangi dan dituliskan dalam bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Nilai-nilai moral dalam kearifan lokal rumah adat Using ini dapat dijadikan sebagai alternatif bahan ajar di Sekolah Dasar kelas IV khusunya dalam mata pelajaran IPS (ilmu pengetahuan sosial).
Selanjutnya, saran yang dapat diberikan yaitu (1) bagi kepala sekolah dan guru, penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan materi untuk dimasukkan dalam muatan lokal, (2) bagi pembaca dan peneliti lain, sebaiknya penelitian ini digunakan sebagai referensi untuk penelitian dimasa yang akan datang dengan kajian yang tidak hanya terbatas pada hasil wawancara dan referensi mengenai nilai moral saja, dan (4) bagi masyarakat Desa Kemiren, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan pengalaman tentang bagaimana pentingnya eksistensi rumah adat dalam menjaga kearifan dan nilai-nilai budaya lokal Indonesia.