• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Etnomatematika pada Motif Tenun Solok Banyuwangi Sebagai Bahan Ajar Geometri Siswa

    Thumbnail
    View/Open
    Seli Wahyutini Khoiriyah-150210101084.pdf (6.905Mb)
    Date
    2019-09-04
    Author
    WAHYUTINI KHOIRIYAH, Seli
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tenun merupakan salah satu warisan budaya dari hasil kebiasan masyarakat tertentu. Salah satunya adalah tenun solok Banyuwangi yang merupakan hasil budaya masyarakat Osing Banyuwangi. Namun tidak semua masyarakat Banyuwangi mengetahui tenun solok. Hal ini perlu adanya pelestarian dengan mengenalan tenun solok kepada masyarakat luas khususnya masyarakat Banyuwangi. Dalam melestarikan budaya salah satunya melalui pendidikan, sebagai seorang pendidik kita wajib turut memperkenalkan budaya masyarakat kepada generasi penerus melalui proses pembelajaran di kelas. Pada penelitian ini ingin mengungkap unsur geometri yang terdapat pada motif tenun solok Banyuwangi. Unsur geometri tersebut meliputi geometri bidang dan geometri transformasi. Daerah penelitian berada di Dusun Delik, Desa Jambesari, Kecamatan Giri, Kabupaten Banyuwangi, tepatnya di rumah pengrajin tenun satu-satunya yang ada di Banyuwangi yaitu embah Siyami. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan diperoleh bahwa motif tenun solok Banyuwangi terdapat unsur geometri bidang dan geometri transformasi. Geometri bidang terdiri dari titik, garis, poligon, sifat simetri geometri bidang datar, kekongruenan dan kesebangunan. Unsur titik karena mengandung pola titik, unsur garis karena mengandung pola garis, unsur poligon karena mengandung segitiga sama kaki dan belah ketupat, sifat simetri geometri bidang datar karena mengandung simetri lipat dan simetri putar, kekongruenan karena semua gambar yang sama memiliki bentuk dan ukuran yang sama, dan kesebangunan karena memiliki perbandingan ukuran satu banding satu pada semua gambar yang ada pada motif tenun solok Banyuwangi. Geometri transformasi terdiri dari translasi, refleksi, rotasi, dan dilatasi. Translasi atau pergeseran terdapat pada semua gambar, digeser secara horizontal dan vertikal kecuali pola garis hanya secara horizontal. Refleksi atau pencerminan terdapat di semua gambar, dicerminkan secara horizontal dan vertikal kecuali pola garis yang hanya dicerminkan secara horizontal. Rotasi atau perputaran yang terdapat pada semua gambar terhadap sumbu refleksi sebesar . Terakhir dilatasi atau perbesaran hanya terdapat pada pola garis saja. Penelitian ini menghasilkan produk berupa bahan ajar Lembar Proyek Siswa kelas XI materi geometri transformasi yang disesuaikan dengan kurikulum 2013 revisi 2018. Lembar Proyek Siswa digunakan untuk melihat kreativitas dan kerja sama kelompok. Lembar Proyek Siswa bersifat open ended sehingga jawaban tiap-tiap kelompok bervariasi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92534
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository