Etnomatematika pada Motif Tenun Solok Banyuwangi Sebagai Bahan Ajar Geometri Siswa
Abstract
Tenun merupakan salah satu warisan budaya dari hasil kebiasan masyarakat
tertentu. Salah satunya adalah tenun solok Banyuwangi yang merupakan hasil
budaya masyarakat Osing Banyuwangi. Namun tidak semua masyarakat
Banyuwangi mengetahui tenun solok. Hal ini perlu adanya pelestarian dengan
mengenalan tenun solok kepada masyarakat luas khususnya masyarakat
Banyuwangi. Dalam melestarikan budaya salah satunya melalui pendidikan,
sebagai seorang pendidik kita wajib turut memperkenalkan budaya masyarakat
kepada generasi penerus melalui proses pembelajaran di kelas.
Pada penelitian ini ingin mengungkap unsur geometri yang terdapat pada
motif tenun solok Banyuwangi. Unsur geometri tersebut meliputi geometri bidang
dan geometri transformasi. Daerah penelitian berada di Dusun Delik, Desa
Jambesari, Kecamatan Giri, Kabupaten Banyuwangi, tepatnya di rumah pengrajin
tenun satu-satunya yang ada di Banyuwangi yaitu embah Siyami.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan diperoleh bahwa motif tenun
solok Banyuwangi terdapat unsur geometri bidang dan geometri transformasi.
Geometri bidang terdiri dari titik, garis, poligon, sifat simetri geometri bidang
datar, kekongruenan dan kesebangunan. Unsur titik karena mengandung pola titik,
unsur garis karena mengandung pola garis, unsur poligon karena mengandung
segitiga sama kaki dan belah ketupat, sifat simetri geometri bidang datar karena
mengandung simetri lipat dan simetri putar, kekongruenan karena semua gambar
yang sama memiliki bentuk dan ukuran yang sama, dan kesebangunan karena
memiliki perbandingan ukuran satu banding satu pada semua gambar yang ada
pada motif tenun solok Banyuwangi. Geometri transformasi terdiri dari translasi,
refleksi, rotasi, dan dilatasi. Translasi atau pergeseran terdapat pada semua
gambar, digeser secara horizontal dan vertikal kecuali pola garis hanya secara
horizontal. Refleksi atau pencerminan terdapat di semua gambar, dicerminkan secara horizontal dan vertikal kecuali pola garis yang hanya dicerminkan secara
horizontal. Rotasi atau perputaran yang terdapat pada semua gambar terhadap
sumbu refleksi sebesar . Terakhir dilatasi atau perbesaran hanya terdapat
pada pola garis saja.
Penelitian ini menghasilkan produk berupa bahan ajar Lembar Proyek Siswa
kelas XI materi geometri transformasi yang disesuaikan dengan kurikulum 2013
revisi 2018. Lembar Proyek Siswa digunakan untuk melihat kreativitas dan kerja
sama kelompok. Lembar Proyek Siswa bersifat open ended sehingga jawaban
tiap-tiap kelompok bervariasi.