Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Inkuiri Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Tema Indahnya Kebersamaan di SDN Sumbersari 01 Jember
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode inkuiri terhadap motivasi belajar siswa kelas IV tema indahnya kebersamaan di SDN Sumbersari 01 Jember semester I tahun pelajaran 2018/2019; (2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode inkuiri terhadap hasil belajar siswa kelas IV tema indahnya kebersamaan di SDN Sumbersari 01 Jember semester I tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumbersari 01 Jember pada tanggal 20 September 2018 sampai dengan 5 Oktober 2018. Subyek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang terdiri atas kelas IVA sebanyak 30 siswa dan IVB sebanyak 31 siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pre-experimental dengan pola intac-group comparison. pengumpulan data penelitian menggunakan metode tes yang berupa tes pilihan ganda pada post-test untuk ranah kognitif. Pada penelitian ini, kelas IVA ditentukan sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang menerapkan pembelajaran menggunakan metode inkuiri, sedangkan kelas IVB sebagai kelas kontrol yaitu kelas yang menerapkan metode pembelajaran konvensional (saintifik) tanpa metode inkuiri. Sebelum diadakan penelitian terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas dengan menggunakan data nilai tes uji homogenitas menggunakan instrumen tes yang telah dibuat. Uji Homogenitas dilakukan menggunakan program statistik SPSS versi 22. Data hasil penghitungan dengan SPSS menunjukkan bahwa t hitung = 0,042. Hasil t hitung kemudian dicocokkan dengan t tabel taraf signifikansi untuk uji dua pihak (two tail test). Pada taraf signifikansi 5% nilai dk=59 memiliki harga t tabel = 1,980. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa t hitung < t tabel (0,042 < 2,021). Selanjutnya digunakan teknik acak untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kemudian dilakukan uji t antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol berdasarkan presentase motivasi belajar siswa dan nilai pre-test yang didapatkan kelas Eksperimen (IVA) dan kelas kontrol (IVB). Hasil analisis uji-t terhadap persentase motivasi belajar siswa menggunakan SPSS diperoleh t hitung = 3,899. Selanjutnya t hitung tersebut
dikonsultasikan pada ttabel = 2,000 dengan taraf signifikansi 5% dan db = 59.
Penghitungan uji-t motivasi belajar dapat diketahui bahwa thitung > ttabel (3,899 >
2,000), sehingga nilai thitung lebih besar dari pada ttabel. Dapat disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran inkuiri terhadap motivasi belajar siswa kelas IV dalam tema “Indahnya Kebersamaan” di SDN Sumbersari 01 Jember tahun pelajaran 2018/2019. Hasil analisis uji-t untuk hasil belajar menggunakan SPSS diperoleh t
hitung = 3,972. Selanjutnya t hitung tersebut dikonsultasikan pada ttabel = 2,000
dengan taraf signifikansi 5% dengan db = 59. Dari tabel penghitungan uji-t ranah
kognitif dapat diketahui bahwa thitung > ttabel (3,972 > 2,000), sehingga nilai
thitung lebih besar dari pada ttabel. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
penggunaan metode pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa kelas IV dalam tema “Indahnya Kebersamaan” di SDN Sumbersari 01 Jember tahun pelajaran 2018/2019. Dengan demikian kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan dari penerapan metode inkuiri terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV dalam tema Indahnya Kebersamaan di SDN Sumbersari 01 Jember tahun pelajaran 2018/2019. Diharapkan metode inkuiri menjadi metode alternatif yang dapat diterapkan dalam pembelajaran di sekolah sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan.