Pengaruh Harga, Kualitas Layanan, dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Kepuasan pada Pembelian Produk Skincare Personal Beauty Aesthetic Clinic Jember
Abstract
Kebutuhan akan penampilan dan kecantikan membuka peluang besar bagi perusahaan klinik kecantikan. Personal Beauty Aesthetic Clinic adalah klinik kecantikan yang masih baru keberadaannya dibandingkan klinik kecantikan yang lainnya,meskipun masih baru, harga yang ditawarkan diatas pesaingnya, meskipun begitu banyak konsumen yang melakukan pembelian ulang pada Personal Beauty Aesthetic Clinic Jember, pembelian ulang tersebut dapat dikategorikan bahwa konsumen percaya pada produk skincare ini, layanan yang terbilang lama juga terjadi pada klinik ini. Dengan fenomena yang ada, Personal Beauty Aesthetic Clinic terus berkembang dan mampu bersaing dengan klinik pendahulunya. Penelitian ini akan digunakan untuk melihat “Apakah Harga, Kualitas Layanan Dan Kepercayaan Berpengaruh Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pembelian Produk Skincare Personal Beauty Aesthetic Clinic Jember.” Penelitian ini menggunakan metode explanatory research. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang telah melakukan pembelian produk lebih dari satu kali. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 130 responden yang diambil dengan teknik nonprobability sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dengan alat analisis regresi linier berganda pada program SPSS. Berdasarkan hasil analisis dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1) Hasil analisis regresi linier berganda pada uji t terhadap hipotesis pertama (H1) menunjukkan bahwa Harga berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Hubungan yang ditunjukkan dalam koefisien regresi bernilai positif yang berarti semakin baik harga maka kepuasan konsumen juga akan meningkat. 2) Hasil analisis regresi linier berganda pada uji t terhadap hipotesis pertama (H2) menunjukkan bahwa Kualitas Layanan berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen dengan nilai signifikansi sebesar 0,036. Hubungan yang ditunjukkan koefisien regresi bernilai positif yang berarti kualitas layanan maka kepuasan konsumen juga akan meningkat. 3) Hasil analisis regresi linier berganda pada uji t terhadap hipotesis pertama (H3) menunjukkan bahwa Kepercayaan berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Hubungan yang ditunjukkan koefisien regresi bernilai positif yang berarti semakin tinggi kepercayaan maka kepuasan konsumen akan meningkat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. 2) Kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. 3) Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen.