Pengembangan E-Comic Menggunakan Pixton dan Kelase Pada Materi Program Linear Dua Variabel Berbantuan Geogebra
Abstract
Penelitian pengembangan ini menghasilkan media e-comic menggunakan Pixton dan Kelase pada materi program linear dua variabel berbantuan Geogebra yang valid, praktis dan efektif. Hasil validasi media komik yang terdiri dari aspek format, aspek isi, dan aspek bahasa termasuk pada kriteria Valid dengan rata-rata 4,57 atau nilai koefisien korelasi 0,91 termasuk kategori “Sangat Tinggi”. Sementara itu hasil validasi instrumen penelitian menunjukkan kategori “Sangat Tinggi” dimana rata-rata total validasi untuk pedoman wawancara mencapai 4,58 atau nilai koefisien korelasi 0,92. Rata-rata validasi lembar observasi sebesar 4,47 atau nilai koefisien korelasi 0,89. Sedangkan untuk validasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mencapai 4,61 atau nilai koefisien korelasi 0,92. Setelah media pembelajaran sudah mencapai kevalidan kemudian dilakukan uji coba. Uji coba diilaksanakan pada hari Rabu dan Kamis tanggal 21 dan 22 November 2018 di kelas X-MIPA 4 MAN 1 Jember yang terdiri dari 24 Siswa. Pada hari Rabu, 21 November 2018, aktivitas yang dilakukan di kelas adalah mengenalkan media pembelajaran e-comic menggunakan Pixton dan Kelase pada materi program linear dua variabel berbantuan Geogebra kepada siswa kelas X
MIPA 4 di MAN 1 Jember. Syarat utama untuk masuk ke kelas online Kelase adalah memiliki akun Kelase. Siswa harus memiliki e-mail dan kode lembaga agar dapat masuk ke Kelas online. Pada saat pembuatan akun tidak ada kendala karena mayoritas siswa telah memiliki alamat e-mail sehingga proses untuk masuk kelas tidak ada hambatan. Pertemuan kedua hari Kamis, 22 November 2018, aktivitas yang dilakukan yaitu proses pembelajaran dengan menggunakan media e-comic menggunakan Pixton dan Kelase pada materi program linear dua variabel berbantuan Geogebra. Pembelajaran dilakukan oleh Guru Matematika MAN 1 Jember di Laboratorium Komputer. Selama pembelajaran berlangsung terdapat 5 observer yang melakukan observasi terhadap guru dan siswa. Selama pembelajaran berlangsung siswa tampak antusias, mereka mengikuti arahan guru dalam menggunakan media. Siswa yang mengalami kesulitan baik dalam menggunakan media maupun memahami materi langsung dibantu oleh Guru. Setelah proses pembelajaran berakhir, dilanjutkan dengan tes hasil belajar dimana tes dilaksanakan secara online melalui Kelase. Pelaksanaan tes hasil belajar diawasi oleh Guru secara langsung. Terdapat 10 soal pilihan ganda yang harus dikerjakan oleh siswa dalam waktu selama 70 menit. Setelah siswa selesai mengerjakan tes mereka akan langsung mengetahui hasilnya masing-masing. Berdasarkan uji coba yang telah dilakukan didapatkan hasil penggunaan media pembelajaran e-comic menggunakan Pixton dan Kelase pada materi program linear dua variabel berbantuan Geogebra termasuk pada tingkat kepraktisan dikategorikan baik dengan rata-rata total mencapai 4,56 atau dengan hasil presentase mencapai 91,2%. Kemudian hasil dari analisis keefektifan media komik berdasarkan aspek kognitif, psikomotoik, dan afektif didapatkan pada aspek kognitif presentase siswa yang mendapat nilai di atas KKM sebesar 75% dan dikategorikan baik. Aspek yang kedua, hasil analisis aspek psikomotorik didapatkkan rata-rata total sebesar 4,35 dengan presentase sebesar 87% atau dikategorikan baik. Aspek yang terakhir yaitu afektif didapatkan hasil rata-rata total mencapai 1,88 dengan presentase sebesar 93,75% dan dikategorikan baik.