• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Evaluasi Standar Pelayanan Minimum dan Tingkat Kepuasan Penumpang di Terminal Angkutan Umum Tawang Alun Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Kevin Muzammil - 151910301009_.pdf (4.123Mb)
    Date
    2019-09-03
    Author
    MUZAMMIL, Kevin
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Terminal Tawang Alun merupakan terminal bus yang terletak di Kabupaten Jember, tepatnya di Jalan Dharmawangsa, Desa Kaliwining, Rambipuji, Jember, Jawa Timur. Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Jember No. 1 Tahun 2015, terminal ini merupakan Terminal Penumpang Tipe A yaitu terminal yang berfungsi untuk melayani transportasi umum baik skala nasional maupun skala internasional; seperti angkutan antar kota dalam provinsi, angkutan kota dan angkutan pedesaan. Dalam penelitian ini, penilaian terhadap kinerja standar pelayanan minimum dari Terminal Tawang Alun dilakukan dengan observasi secara langsung terhadap fasilitas yang ada di Terminal Tawang Alun. Hasil observasi tersebut kemudian disesuaikan dengan Peraturan Menteri Nomor 40 Tahun 2015 untuk menilai apakah fasilitas dan standar pelayanan minimum Terminal Tawang Alun sudah memenuhi standar atau belum. Selain itu, evaluasi Terminal Tawang Alun juga diukur dari tingkat kepuasan pelanggan berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik, khususnya mengenai fasilitas utama maupun fasilitas penunjang. Penelitian ini juga mencoba mengevaluasi Terminal Tawang Alun dengan metode IPA (Importance Performance Analysis), dengan tujuan mengukur hubungan antara pendapat atau kesan konsumen dan tingkat prioritas peningkatan kualitas produk/jasa. Berdasarkan hasil pengamatan kinerja fasilitas dan pelayanan di Terminal Tawang Alun, tingkat pelayanan adalah sebesar 50,00% karena dari keseluruhan fasilitas yang ada, Terminal Tawang Alun hanya memenuhi 28 indikator dari total 56 indikator yang terdapat dalam SPM Peraturan Menteri Nomor 40 Tahun 2015. Untuk tingkat kepuasan, unsur pelayanan di Terminal Tawang Alun bernilai 51,31 yang masuk dalam kategori nilai D (Tidak Baik). Nilai tingkat kepuasan tersebut kemudian digambarkan dengan Diagram Kartesius yang diperoleh dari hasil analisis kuadran menggunakan program bantu analisa statistik. Hasil penelitian juga menunjukkan selisih nilai gap paling besar terdapat pada fasilitas Ruang Khusus Ibu Menyusui (-7, 13).
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92416
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4212]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository