• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia Tingkat SMA Tahun Pelajaran 2016/2017 Berdasarkan Taksonomi Bloom Versi Revisi

    Thumbnail
    View/Open
    Eria Latifa Indriasari - 110210402039_.pdf (2.790Mb)
    Date
    2019-08-30
    Author
    INDRIASARI, Eria Latifa
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Ujian nasional menjadi salah satu syarat kelulusan siswa dari satuan pendidikan. Ujian nasional merupakan salah satu bentuk dari kegiatan evaluasi pendidikan yang berupa evaluasi hasil belajar siswa melalui pengukuran dan penilaian pencapaian standar kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah. Penyusunan soal ujian mengacu pada rumusan tujuan pembelajaran yang didasarkan pada taksonomi Bloom. Pada taksonomi Bloom versi revisi menurut Anderson dan Krathwohl (2001:66) terdapat enam tingkatan kognitif yaitu mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Tingkat kognitif mengingat, memahami, dan menerapkan termasuk dalam LOTS sedangkan tingkat kognitif menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta termasuk dalam HOTS. Fokus masalah dan tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat kognitif soal ujian nasional bahasa Indonesia tingkat SMA tahun pelajaran 2016/2017 dan proporsi soal ujian nasional bahasa Indonesia berdasarkan LOTS dan HOTS. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan rancangan tes bahasa. Sumber data penelitian ini adalah naskah soal ujian nasional bahasa Indonesia tingkat SMA tahun pelajaran 2016/2017. Data penelitian ini adalah soal-soal yang terdapat dalam naskah ujian nasional bahasa Indonesia tingkat SMA tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan model alir interaktif dari Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/ verifikasi. Hasil pembahasan penelitian ini memuat tingkat kognitif yang terdiri atas 0 butir soal mengingat (0%), 14 butir soal memahami (28%), 24 butir soal menerapkan (48%), 9 butir soal menganalisis (18%), 3 butir soal mengevaluasi (6%), dan 0 butir soal mencipta (0%). Soal yang memuat keterampilan berpikir tingkat rendah (LOTS) terdiri atas mengingat, memahami dan menerapkan terdapat sebanyak 76% yaitu 38 butir soal dan soal yang memuat keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) yang terdiri atas menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta sebanyak 24% yaitu 12 butir soal.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92318
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15422]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository