dc.contributor.advisor | ILMINNAFIK, Nasrul | |
dc.contributor.advisor | LAKSANA, Dedi Dwi | |
dc.contributor.author | PURNAMA, Erdha Kogarta Dendi | |
dc.date.accessioned | 2019-08-30T01:28:27Z | |
dc.date.available | 2019-08-30T01:28:27Z | |
dc.date.issued | 2019-08-30 | |
dc.identifier.nim | NIM111910101092 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92317 | |
dc.description.abstract | Tujuan yang ingin dicapai adalah mengetahui unjuk kerja motor bakar 4 langkah dengan penutupan sebagian lubang knalpot sebagai penyedia back pressure . Yang kedua adalah memperoleh nilai konsumsi bahan bakar dan kebisingan yang rendah. Dalam pengujian unjuk kerja motor bakar digunakan alat dynamometer untuk mengetahui nilai torsi, daya dan putaran mesin. Kemudian hasil pengujian motor bakar dibandingkan dengan kondisi standar. Pengujian unjukkerjamotorbakardilakukansaat full open throttle digigi3. Hasil yang didapat dari unjuk kerja motor bakar adalah torsi rata-rata tertinggi pada variasi penutupan 0% sebesar 8,31 N.m pada putaran mesin 5750 rpm. Daya rata-rata tertinggi terjadi pada variasi penutupan 0% sebesar 7,67 hp pada putaran mesin 7500 rpm. Fuel consumption (Fc) terendah didapat pada variasipenutupan 75%yaitu1,78kg/jam. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 111910101092; | |
dc.subject | Motor | en_US |
dc.subject | Exhaust Manifold | en_US |
dc.title | Pengaruh Tekanan Exhaust Manifold Terhadap Kinerja Motor Bakar Bensin | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |