Pengaruh Penerapan Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema Berbagai Pekerjaan Subtema 1 di SDN Kebonsari 01 Jember
Abstract
Proses pembelajaran di sekolah yang diterapkan oleh guru kelas selama ini hanyalah terbatas pada penggunaan metode ceramah, tanya jawab, ataupun diskusi. Hal ini tentunya membuat hasil belajar yang didapatkan siswa tidak mengalami peningkatan, seorang guru haruslah bisa menciptakan atau menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi untuk menunjang pembelajaran siswa. Metode Role Playing adalah salah satu metode pembelajaran yang dilakukan dengan kegiatan bermain drama atau peran. Metode ini dilakukan dengan melibatkan siswa dalam berakting sebagai suatu karakter dalam suatu situasi tertentu dan menunjukkan respon yang seharusnya dilakukan. Pembelajaran melalui role playing ini melatih interaksi dan mengekspresikan diri secara nyata sebagai contoh atas kejadian yang sebenarnya. Hal ini juga bisa digunakan untuk latihan komunikasi yang baik, atau interaksi dengan orang lain.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah Pengaruh metode role playing terhadap hasil belajar siswa kelas IV tema 4 subtema 1 pekerjaan di SDN Kebonsari 1 Jember semester ganjil tahun ajaran 2018/2019? Mengacu pada rumusan masalah tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode role playing terhadap hasil belajar pada siswa kelas IV tema 4 subtema 1 di SDN Kebonsari 1 Jember semester ganjil tahun ajaran 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan data yang digunakan adalah metode tes dengan soal objektif. Tempat penelitian dilaksanakan di SDN 01 Kebonsari, subjek penelitian adalah siswa kelas IV A dengan jumlah siswa sebanyak 35 Siswa.
Penelitian ini menggunakan materi yang ada pada buku tema berbagai pekerjaan subtema 1 dan menggunakan teks drama yang disesuaikan dengan materi yang ada pada buku tema dengan meminta siswa untuk memperagakan beberapa jenis-jenis pekerjaan yang terdapat pada teks drama sesuai dengan kelompok masing-masing.
Hasil penelitian yang diperoleh dari kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol adalah diperolehnya perbedaan pada rerata hasil belajar siswa kelas IV A dan IV B. nilai rerata pada kelas IV A sebesar 87, 77 sedangkan pada kelas IV B sebesar 80, 03. Kesimpulan dari penelitian ini adalah : (1) hasil belajar yang diperoleh siswa kelas IV A yang diberi perlakuan dengan metode role playing lebih tinggi reratanya daripada siswa kelas IV B tanpa diberi perlakuan dengan metode role playing; (2) metode belajar yang diberikan oleh guru akan mempengaruhi keadaan kelas dan hasil belajar siswa. Adanya pengaruh metode role playing yang diberikan guru terhadap hasil belajar siswa membuktikan bahwa pemberian metode belajar yang berbeda akan mempengaruhi hasil belajar siswa.