Pengaruh Sudut Rudder Balance Tab Pada Hinge Moment Rudder Terhadap Pedal Force Pilot Pesawat n219
Abstract
Penerbangan perintis menurut data realisasi penerbangan terhadap target
frekuensi terbang dan jumlah penumpang diangkut tahun 2017 pada bulan Januari
hingga Juli 2017, penerbangan perintis telah melakukan pelayanan angkutan udara
sebanyak 11.729 frekuensi terbang dari target awal sejumlah 12.858 frekuensi terbang
(91%) dengan mengangkut kurang lebih 82.726 penumpang dari target awal sejumlah
139.228 penumpang (59%).
Pesawat terbang harus memenuhi persyaratan dan kriteria tertentu yang berkaitan
dengan keselamatan penerbangan. Salah satunya adalah mengenai pedal force pilot
yaitu gaya yang harus diatasi oleh pilot saat mengendalikan pesawat. Pedal force yang
melebihi batas CASR23.143 maka pesawat tidak bisa mendapatkan izin terbang.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pemodelan persamaan gerak
balance tab dengan rudder. Penelitian ini berusaha untuk mencari persamaan yang
paling baik untuk memenuhi ragulasi CASR 23.143 dimana nilai pedal force pilot <
150 lbs. Penelitian ini bertujuan untuk mencari nilai hinge moment untuk mencari pedal
force pilot yang paling baik.
Hasil penelitian menunjukkan nilai pedal force pilot paling baik pada pemodelan
persamaan III pada kondisi VMC = 107,2 lbs, pada kondisi VMCL = 211,2 lbs, kondisi
VMCL mengharuskan pilot untuk men-setting trim karena semua pemodelan
persamaan yang diajukan tidak memenuhi regulasi CASR 23.143, pada kondisi SHSS
pada kecepatan 100 knots dan sudut side slip (β) max = 89,1 lbs.
Collections
- UT-Faculty of Engineering [4096]