• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Sudut Rudder Balance Tab Pada Hinge Moment Rudder Terhadap Pedal Force Pilot Pesawat n219

    Thumbnail
    View/Open
    Fahd Nazim - 151910101029-.pdf (3.910Mb)
    Date
    2019-08-28
    Author
    NAZIM, Fahd
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penerbangan perintis menurut data realisasi penerbangan terhadap target frekuensi terbang dan jumlah penumpang diangkut tahun 2017 pada bulan Januari hingga Juli 2017, penerbangan perintis telah melakukan pelayanan angkutan udara sebanyak 11.729 frekuensi terbang dari target awal sejumlah 12.858 frekuensi terbang (91%) dengan mengangkut kurang lebih 82.726 penumpang dari target awal sejumlah 139.228 penumpang (59%). Pesawat terbang harus memenuhi persyaratan dan kriteria tertentu yang berkaitan dengan keselamatan penerbangan. Salah satunya adalah mengenai pedal force pilot yaitu gaya yang harus diatasi oleh pilot saat mengendalikan pesawat. Pedal force yang melebihi batas CASR23.143 maka pesawat tidak bisa mendapatkan izin terbang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pemodelan persamaan gerak balance tab dengan rudder. Penelitian ini berusaha untuk mencari persamaan yang paling baik untuk memenuhi ragulasi CASR 23.143 dimana nilai pedal force pilot < 150 lbs. Penelitian ini bertujuan untuk mencari nilai hinge moment untuk mencari pedal force pilot yang paling baik. Hasil penelitian menunjukkan nilai pedal force pilot paling baik pada pemodelan persamaan III pada kondisi VMC = 107,2 lbs, pada kondisi VMCL = 211,2 lbs, kondisi VMCL mengharuskan pilot untuk men-setting trim karena semua pemodelan persamaan yang diajukan tidak memenuhi regulasi CASR 23.143, pada kondisi SHSS pada kecepatan 100 knots dan sudut side slip (β) max = 89,1 lbs.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92231
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4260]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository