• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Tipe Single Dan Double Row Angular Contact Ball Bearing Terhadap Rolling Resistance

    Thumbnail
    View/Open
    Alex Tresa Elsyamba - 171910101121-.pdf (2.066Mb)
    Date
    2019-08-27
    Author
    ELSYAMBA, Alex Tres
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Semakin berkembangnya teknologi pada kendaraan dan meningkatnya popularitas kendaraan tentunya akan menarik minat industri otomotif untuk berlomba-lomba mengembangkan teknologi kendaraan. Mobil hemat energi merupakan suatu mobil yang didesain khusus agar menghasilkan tingkat efisiensi tinggi. Kendaraan tersebut adalah mobil listrik yang diharapkan dapat mengkonsumsi bahan bakar sedikit mungkin tetapi bisa melakukan perjalanan yang jauh. Kemajuan ini ditandai dengan banyaknya penelitian tentang pengaruh efisiensi kendaraan salah satunya mengetahui nilai dari rolling resistance. Rolling resistance adalah gaya hambatan yang perlu dikompensasi dengan gaya luar untuk mempertahankan kecepatan. Pada dasarnya, rolling resistance adalah momen yang diterapkan untuk melawan arah gerakan, sementara gaya diperlukan untuk menggerakkan benda. Bantalan merupakan suatu elemen mesin yang berpengaruh terhadap nilai rolling resistance sehingga perlu dirancang alat uji rolling resistance untuk memudahkan proses pengujian. Pada penelitian ini, Pengujian dilakukan menggunakan tipe bantalan single row angular contact ball bearing (7200, 7201) dan double row angular contact ball bearing (5200, 5201) yang diuji dengan variasi putaran 290 rpm, 310 rpm, 330 rpm dan beban flywheel yang disesuaikan dengan karakteristik mobil yang diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beban flywheel dan variasi putaran terhadap rolling resistance sehingga peneliti dapat mengetahui pengaruh tipe bantalan yang sesuai dengan kebutuhan mobil listrik yang akan diteliti. Dari hasil yang didapat, gaya rolling resistance terkecil terjadi di tipe bantalan single row angular contact ball bearing (7201) dengan putaran 290 rpm diperoleh sebesar 0,6531 N dan gaya rolling resistance terbesar terjadi di singlerow angular contact ball bearing (7200) dengan putaran 330 rpm sebesar 1,2340 N. Dari keempat tipe bantalan diatas bahwa pengaruh luas area kontak juga mempengaruhi nilai gaya rolling resistance. Semakin besar luas area kontak bantalan maka nilai gaya rolling resistance akan semakin meningkat. Pada tipe bantalan angular contact ball bearing, gaya rolling resistance terbesar diperoleh tipe bantalan double row (5201). Hal ini disebabkan tipe bantalan double row (5201) memiliki luas area kontak yang lebih besar dari tipe bantalan single row (7200).
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92226
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4216]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository