Pengaruh Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Lesson Study Learning Community (LSLC) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Peluang
Abstract
Pendidikan merupakan kebutuhan manusia sepanjang hidup dan selalu
berubah lantaran mengikuti perkembangan zaman, teknologi dan budaya
masyarakat. Salah satu bidang studi yang selalu ada di setiap jenjang pendidikan
di Indonesia yaitu matematika. Namun pada kenyataannya pelajaran matematika
tidak banyak disukai oleh siswa karena merasa kesulitan dalam menerima materi
maupun mengerjakan soal matematika. Hal tersebutlah yang mendorong siswa
mempunyai anggapan yang negatif terhadap matematika, sehingga hasil belajar
matematika siswa cenderung rendah, salah satu alternatif yang dapat digunakan
untuk meningkatkan hasil belajar siswa terhadap matematika yaitu dengan
menerapkan pembelajaran kolaboratif berbasis Lesson Study Learning
Community (LSLC).
Pembelajaran kolaboratif berbasis Lesson Study Learning Community
(LSLC) dalam penelitian ini meliputi penataan ruang kelas dengan formasi tempat
duduk bentuk U dan guru berada di tengah sebagai pusat. Guru berperan sebagai
fasilitator. Menggunakan pendekatan saintifik, model pembelajaran kolaboratif
dengan metode tanya jawab dan diskusi. Hasil belajar siswa dilihat dari ranah
kognitif berupa nilai Pre-test dan Post-test siswa. Materi pada penelitian ini adalah
Peluang. Pada permasalahan peluang dapat membantu memicu proses berfikir
siswa dan interaksi siswa dengan siswa lain atau dengan guru, karena siswa dapat
memberikan bermacam-macam jawaban/alternatif jawaban. Materi ini disajikan
dalam bentuk kontekstual