Pengaruh Gaya Hidup, Desain Produk , Harga, Serta Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Basket Merek Nike Pada Anggota UKM Bola Basket Universitas Jember
Abstract
Nike merupakan perushaan yang fokus pada sepatu atletik dan pakaian olahraga diseluruh dunia. Ditinjau dari citra mereknya, Nike telah mebangun citra merek selama bertahun-tahun meciptakan citra merek yang sangat baik dan begitu melekat dihati konsumen setianya. Maka tidak heran jika Nike banyak di sikuai oleh para atlit dunia. Penjualan sepatu basket Nike mengalami peningkatan penjualan 41,7% atau 350 unit yang terjual di toko sports station Jember. Penelitia ini bartujuan untuk megetahui faktor-faktor yang akan menentukan peluang keputusan pembelian atau tidak memutuskan pembelian antara lain gaya hidup, desain produk, harga, dan citra merek dan penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang menempati urutan pertama dalam keputusan pembelian sepatu basket merek Nike di Jember. Objek pada penelitian ini adalah konsumen atau pengguna sepatu basket merek Nike pada anggota UKM bola basket Universitas Jember. Seluruh variabel penelitian ini berjumlah 5 variabel. Rancangan penelitian ini menggunakan Explanatory Research. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota UKM bola basket Universitas Jember. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunaka metode probability sampling dengan jumlah sampel 120 responden. Metode analisis data yang di gunakan adalah analisis regresi logistik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa harga yang paling menentukan keputusan pembelian berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sepatu basket merek Nike pada anggota UKM bola basket Universitas Jember.