Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen di Rumah Makan Ayam Goreng Nelongso Jember
Abstract
Pada era globalisasi saat ini, banyak terjadi perkembangan pada berbagai
bidang termasuk bidang perekonomian . Hal ini menyebabkan tingkat persaingan
antar perusahaan semakin meningkat. Salah satu cara perusahaan untuk
mempertahankan kelangsungan hidupnya ialah dengan menciptakan kepuasan
konsumen. Kepuasan konsumen tercipta jika perusahaan mampu memenuhi
kebutuhan dan keinginan konsumen karena konsumen akan memilih produk yang
memberikan nilai terbesar bagi mereka. Sehingga dalam menentukan produk yang
akan ditawarkan, perusahaan harus menyesuaikan pada selera konsumen agar
konsumen merasa puas. Selera konsumen yang beragam mendorong perusahaan
untuk selalu meningkatkan kualitas produknya. Selain meningkatkan kualitas
produk, kualitas pelayanan juga perlu diperhatikan perusahaan, sebab konsumen
tidak hanya mencari produk yang sesuai dengan selera mereka namun juga
pelayanan yang memuaskan.
Bisnis yang berkembang di Indonesia saat ini adalah bisnis kuliner
termasuk di kota Jember. Rumah Makan Ayam Goreng Nelongso Jember
merupakan salah satu bisnis rumah makan yang ada di Jember. Rumah Makan
Ayam Goreng Nelongso Jember menyediakan makanan olahan ayam. Seiring
perkembangannya, banyak sekali rumah makan yang berbahan dasar ayam.
Kebutuhan dan keinginan konsumen yang terus bertambah membuat Rumah
Makan Ayam Goreng Nelongso Jember terus melakukan inovasi untuk
meningkatkan kualitas produk. Rumah Makan Ayam Goreng Nelongso Jember
tidak hanya menyediakan produk berbahan dasar ayam, namun juga berbahan
dasar lain seperti ikan, bebek, bahkan juga menyediakan olahan sayuran. Rumah makan ini juga menyediakan berbagai jenis minuman yang bisa dinikmati oleh
konsumen.
Kualitas pelayanan juga sangat diperhatikan oleh Rumah Makan Ayam
Goreng Nelongso Jember. Rumah makan ini memberikan pelayanan terbaik
kepada konsumen. Karyawan berpenampilan menarik dan memiliki komunikasi
yang baik dengan konsumen, tempat yang bersih dan nyaman serta berbagai
fasilitas yang dapat dinikmati oleh konsumen seperti wifi, musholla dan tempat
parkir. Dalam usahanya, Rumah Makan Ayam Goreng Nelongso Jember buka
selam 24 jam.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat
pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di
Rumah Makan Ayam Goreng Nelongso Jember dan untuk mengetahui variabel
manakah yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan konsumen di Rumah
Makan Ayam Goreng Nelongso Jember. Populasi dalam penelitian ini adalah
konsumen yang melakukan pembelian di Rumah Makan Ayam Goreng Nelongso
Jember. Sedangkan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik
accidental sampling. Jumlah sampel yang digunakan adalah 50 responden.
Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda.
Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas produk dan kualitas pelayanan
memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen Rumah
Makan Ayam Goreng Nelongso Jember sebesar 79,9% dan sisanya 20,1%
dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Variabel
yang dominan dalam mempengaruhi kepuasan konsumen adalah kualitas
pelayanan yakni sebesar 40,7% sedangkan kualitas produk hanya berpengaruh
sebesar 39,2%.