Show simple item record

dc.contributor.advisorMARDIATI, Yayuk
dc.contributor.advisorFITRIYAH, Chumi Zahroul
dc.contributor.authorNAFIAH, Nur Aini
dc.date.accessioned2019-08-23T01:46:30Z
dc.date.available2019-08-23T01:46:30Z
dc.date.issued2019-08-23
dc.identifier.nim110210204089
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92131
dc.description.abstractModel pembelajaran Talking Stick merupakan pembelajaran yang mendorong siswa untuk berani mengemukakan pendapat (Suprijono, 2009). Pembelajaran Talking Stick memiliki dampak positif bagi siswa yang memiliki hasil belajar yang rendah (Kimberly, 1998). Model pembelajaran ini berfokus utama pada keberanian berkomunikasi. Model pembelajaran Talking Stick sangat cocok diterapkan bagi siswa SD. Selain untuk melatih kemampuan berbicara, pembelajaran ini juga menyenangkan dan membuat siswa aktif (Kurniasih, 2015). Dengan membuat siswa aktif, maka pembelajaran lebih bermakna, sehingga hasil belajar siswa juga meningkat. Namun berdasarkan hasil observasi awal, data angket, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan peneliti di SDN Sidomulyo 02 Jember diketahui bahwa motivasi dan hasil belajar masih tergolong rendah. Guru sudah menggunakan beberapa variasi metode pembelajaran namun dirasa masih kurang efektif. Hal ini dikarenakan kurangnya penggunan media yang menarik dan peran guru masih mendominasi dalam proses pembelajaran, Beberapa siswa hanya duduk dan mendengarkan dan kurang aktif saat guru memberikan kesempatan siswa untuk mengerjakan atau memperagakan suatu pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian dengan menerapkan metode talking stick. Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu Bagaimanakah penerapan Model Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Siswa Kelas IV Tema Cita – Citaku Di SDN Sidomulyo 02 Jember. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV melalui penerapan Model Talking Stick tema cita - citaku di SDN Sidomulyo 02 Jember. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN Sumbersari 02 Jember yang berjumlah 27 siswa, terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, angket, dokumentasi, dan tes. Hasil observasi motivasi dan hasil belajar siswa dianalisis secara kuantitatif. Indikator keberhasilan yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah perolehan skor rata-rata motivasi belajar (81 – 100) dan hasil belajar siswa (81 – 100) mencapai kategori sangat baik Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan skor rata-rata aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I mengalami peningkatan dari prasiklus sebesar 7,4 poin dari 51,5 menjadi 58,9. Pada siklus II, skor rata-rata aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 15,5 poin dari 58,9 menjadi 74,4 Salah satu saran yang berkaitan dengan penerapan model talking stick bagi guru kelas yaitu dapat dijadikan bahan pertimbangan variasi metode pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswaen_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries110210204089;
dc.subjectMODEL PEMBELAJARAN TALLKING STICKen_US
dc.subjectMODEL PEMBELAJARANen_US
dc.subjectTALKING STICKen_US
dc.subjectPENDAPATen_US
dc.subjectSISWAen_US
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.titlePenerapan Model Talking Stick untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasl Belajar Tema Cita – Citaku Siswa Kelas IV di SDN Sidomulyo 02 Jember
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record