dc.description.abstract | Saat ini, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Jember
memiliki mahasiswa yang berasal dari luar negeri, yaitu Thailand. Mereka belajar
di PBSI UNEJ dengan mengikuti kurikulum sebagai yang berlaku pada
mahasiswa lokal. Salah satu hal yang perlu dicermati adalah penggunaan Bahasa
Indonesia mahasiswa Thailand tersebut. Masalah dalam penelitian ini ada dua,
yaitu tentang urutan fungsi-fungsi sintaksis dan kategori sintaksis yang
menduduki fungsi kalimat dalam wacana narasi karya mahasiswa Thailand di
PBSI UNEJ.
Berdasarkan hal tersebut, dirumuskan masalah (1) bagaimanakah pola kalimat
dalam wacana narasi karya mahasiswa Thailand di PBSI UNEJ berdasarkan
urutan fungsi sintaksis; dan (2) bagaimanakah pola kalimat dalam wacana narasi
karya mahasiswa Thailand di PBSI UNEJ berdasarkan kategori kata yang
menduduki fungsi sintaksis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1)
pola kalimat dalam wacana narasi karya mahasiswa Thailand di PBSI UNEJ
berdasarkan urutan fungsi sintaksis; dan (2) pola kalimat dalam wacana narasi
karya mahasiswa Thailand di PBSI UNEJ berdasarkan kategori kata yang
menduduki fungsi sintaksis;
Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian kualitatif
dengan jenis penelitian deskriptif. Data penelitian ini berupa analisis yang akan
diuraikan berdasarkan kalimat yang berterima dalam bahasa Indonesia yang
diindikasikan mengandung urutan fungsi dan kategori yang menduduki fungsi
sintaksis dalam teks wacana narasi. Data tersebut diperoleh dari wacana narasi
karya mahasiswa Thailand di PBSI UNEJ. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini adalah teknik penugasan. Teknik analisis data penelitian ini meliputi
tiga tahap kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Berdasarkan analisis, ditemukan informasi pola kalimat berdasarkan
urutan fungsi sebanyak 6 pola kalimat yaitu, S-P, S-P-O, S-P-Pel, S-P-K, S-P-O-K
dan temuan lain. Hasil analisis selanjutnya, yaitu pola kalimat berdasarkan
kategori kata yang menduduki fungsi-fungsi kalimat ditemukan sebanyak 5 pola
kalimat yaitu, Kl.B, Kl.K, Kl.S, Kl.K-Kl.K, dan Kl.S-Kl.K.
Berdasarkan masalah dalam penelitian ini, disarankan beberapa hal berikut:
1) pengajar BIPA hendaknya mampu menjadi motivator dalam pemahaman
kognitif, melatih pemahaman menulis, serta latihan-latihan membuat kalimat
untuk mahasiswa asing. Hal tersebut dikarenakan, mahasiswa asing kesulitan
dalam menentukan dan menggunakan fungsi-fungsi kalimat, seperti penempatan
tanda titik, koma, pemilihan kata, dan sebagainya. 2) mahasiswa asing perlu
bimbingan untuk memahami dan melatih kemampuan menulis kalimat bahasa
Indonesia agar dapat memperbaiki penyusunan kalimat, khususnya dalam segi
fungsi dan kategori. 3) peneliti lain yang sebidang ilmu, hendaknya
mengembangkan atau menemukan penelitian baru, seperti penggunaan fungsifungsi kalimat atau analisis kesalahan berbahasa. | en_US |