Evaluasi Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran a KU Nt an S I PE R Us Ah a a N D a GA N G (Studi Kasus Pada Siswa Kelas Xi Akuntansi 2 Kompetensi Dasar Jurnal Khusus Di Smk I Pancasila Ambulu Jember Semester Gasal Tahun Ajaran 2018/2019)
Abstract
Penelitian terhadap evaluasi penerapan model pembelajaran problem based learning merupakan aspek yang penting yang harus diperhatikan untuk melihat sejauh mana keberhasilan dalam proses pembelajaran. Untuk itu penyusunan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dapat memberikan informasi mengenai bagaimana guru mengajar pada saat proses KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) sehingga dijadikan pedoman berhasil atau tidaknya guru dalam proses pembelajaran. RPP yang disusun tentunya harus menyesuaikan dengan kriteria yang ditetapkan oleh permendikbud No.81A tahun 2013 yang berlaku, dalam hal ini maka dalam penyusunan RPP guru berpedoman pada standar kurikulum 2013, berdasarkan Permendikbud Nomor 65 tahun 2013 tentang Standar Proses, sehingga dapat menunjukkan kinerja guru dalam penyusunan RPP dan juga proses pembelajaran di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti apakah penerapan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran akuntansi perusahaan dagang kompetensi dasar jurnal khusus kelas XI akuntansi 2 di SMK I Pancasila Ambulu Jember semester gasal tahun ajaran 2018/2019 sudah sesuai dengan ketentuan dalam kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif. Objek penelitian ini adalah SMK I Pancasila Ambulu Jember yang beralamat di Jl. Ronggolawe No.5, Ambulu, Kabupaten Jember. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari dokumen yang berupa silabus dan RPP yang disusun oleh guru akuntansi kelas XI SMK I Pancasila Ambulu Jember. Sedangkan data sekunder berupa profil sekolah, visi, misi, struktur organisasi, dan denah lokasi yang diperoleh dari hasil wawancara dengan narasumber dan observasi yang dilakukan di SMK I Pancasila Ambulu Jember. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penyusunan RPP dan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran problem based learning masih belum memenuhi kelengkapan menurut standar kurikulum 2013. RPP guru akuntansi kelas XI akuntansi 2 di SMK I Pancasila Ambulu Jember masih terdapat poin-poin yang tidak terlaksana oleh guru pada proses pembelajaran di dalam kelas, yaitu langkah-langkah pembelajaran masih tidak sesuai dengan yang terdapat pada kurikulum 2013 pada pendahuluan guru tidak melakukan pretest. Penerapan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran akuntansi perusahaan dagang kompetensi dasar jurnal khusus kelas XI Akuntansi 2 SMK I Pancasila Ambulu Jember semester gasal tahun ajaran 2018/2019 kurang sesuai dengan langkah-langkah yang terdapat pada kurikulum 2013, karena masih banyak poin-poin yang tidak terlaksana oleh guru mata pelajaran akuntansi kelas XI dan masih terdapat kendala pada saat proses pembelajaran di dalam kelas. Proses penutup pembelajaran di dalam kelas yang sudah sesuai dengan standar kurikulum 2013. Dimana guru mata pelajaran akuntansi sudah memberikan kesimpulan diakhir kegiatan pembelajaran, guru melakukan penilaian dan refleksi pada kegiatan pembelajaran, guru memberikan PR (Pekerjaan Rumah), dan guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dan menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.