Istrategi Pemasaran Pada PT. Nuansa Wisata Prima Nusantara Tour & Travel Jember
Abstract
Strategi pemasaran merupakan bagian yang sangat penting dalam pelaksanaan strategi perusahaan secara keseluruhan, karena didalam strategi pemasaran terdapat rencana-rencana dan tindakan untuk mencapai sasaran perusahaan dipasar. Ada beberapa strategi pemasaran salah satunya yaitu strategi bauran pemasaran, dengan menerapkan strategi bauran pemasaran tersebut diharapkan dapat mencapai sasaran dan tujuan perusahaan. Begitupun dengan PT. Nuansa Wisata Prima Nusantara Tour & Travel Jember, strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan jasa tersebut meliputi produk, harga, tempat, promosi, orang/SDM, bukti fisik dan proses. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendiskripsikan dan menjelaskan strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan jasa PT. Nuansa Wisata Prima Nusantara Tour & Travel Jember. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan dan menjabarkan keadaan yang sebenarbenarnya terkait tentang strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT. Nuansa Wisata Prima Nusantara Tour & Travel Jember. Sedangkan untuk penentuan lokasi peneliti menggunakan metode Purposive Area. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti meliputi metode wawancara, metode observasi dan metode dokumen. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari beberapa tahap yaitu tahap reduksi data, tahap penyajian data dan tahap penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa perusahaan jasa PT. Nuansa Wisata Prima Nusantara Tour & Travel Jember menggunakan strategi pemasaran terkait bauran pemasaran yang diantaranya produk, harga, tempat, promosi, orang/SDM, bukti fisik dan proses dalam menjalankan usaha jasanya. PT. Nuansa Wisata Prima Nusantara Tour & Travel Jember melakukan strategi produk dengan memberikan paket wisata yang fleksibel, customize pada produk wisata serta adanya paket wisata berupa paket keluarga. Strategi harga yang dilakukan yaitu penetapan harga berdasarkan biaya, melihat kondisi pasar dan penetapan harga sesuai dengan daya beli atau permintaan pasar. Strategi tempat yang digunakan PT. Nuansa Wisata Prima Nusantara Tour & Travel Jember lebih memilih lokasi yang strategis, dekat dengan pusat kota dan lebih mendekati sasaran yaitu instansi, pelajar dan mahasiswa. Hal ini konsumen bisa mendatangi lokasi/kantor secara langsung untuk mencari info mengenai produk jasa yang disediakan oleh perusahaan. PT Nuansa Wisata Prima Nusantara Tour & Travel Jember dalam mempromosikan produk jasanya dengan menggunakan pengiklanan (advertising), penjualan perseorangan (Personal selling) Serta melalui Pemasaran Langsung (Direct Marketing). Selanjutnya terkait strategi Orang/SDM, PT Nuansa Wisata Prima Nusantara Tour & Travel Jember memberikan pelatihan serta mengadakan evaluasi kinerja pada karyawan dengan tujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan kinerja perusahaan. Unsur lingkungan fisik yang dilakukan diantaranya dengan adanya cafetaria sebagai upaya differensiasi dengan pesaing serta mengadakan seragam (uniform) sebagai identitas perusahaan. Strategi proses PT Nuansa Wisata Prima Nusantara Tour & Travel Jember dengan memberikan doorprize, dokumentasi perjalanan wisata, atribut dan pernak-pernik seperti spanduk acara, banner dan lain-lain, selain itu penyertaan Tour Leader yang disesuaikan dengan usia rata-rata wisatawan. Berdasarkan kesimpulan dari penelitian ini maka dapat diberikan saran kepada perusahaan yang bergerak dalam industri pariwisata tersebut yaitu strategi pemasaran yang sudah diterapkan oleh PT. Nuansa Wisata Prima Nusantara Tour & Travel Jember agar lebih ditingkatkan kembali. Hal ini dimaksudkan untuk dapat lebih meningkatkan jumlah konsumen ditahun berikutnya.