• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Dampak Game Online Smartphone (Ponsel Pintar) Terhadap Perkembangan Anak Usia Sekolah Di Sdn Jember Lor 01 Kabupaten Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Humairoh Ilmi Ulfa - 110910301027-.pdf (2.750Mb)
    Date
    2019-08-22
    Author
    ULFA, Humairoh Ilmi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kemajuan teknologi saat ini sangat berkembang pesat terutama pada smartphone yang menjadikan segala sesuatu lebih mudah. Banyaknya fitur menarik yang disuguhkan smartphone bagi penggunanya salah satunya fitur game online. Fitur ini membuat semua kalangan termasuk anak-anak tertarik untuk bermain game online melalui smartphone. Ketika anak sering bermain game online tentunya akan berpengaruh pada perkembangan anak terutama pada anak usia sekolah. Perkembangan tersebut meliputi perkembangan intelektual, perkembangan sosial, perkembangan moral dan perkembangan emosi dan perasaan. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian ini menggunakan Purposive, teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data mentah, transkip data, pembuatan koding, kategorisasi data, penyimpulan sementara, triangulasi dan penyimpulan akhir. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan, adanya dampak negatif bagi anak usia sekolah yang bermain game online melalui smartphone. Dampak tersebut terlihat pada intelektual anak yang semakin menurun, selain itu juga berdampak pada pada perkembangan sosial anak. Perkembangan tersebut berpengaruh pada kehidupan sosial anak baik dilingkungan sekolah maupun lingkungan tempat tinggal anak. Dampak lain juga terlihat pada perkembangan moral anak dimana waktu menjadi terbuang sia-sia karena anak menjadi tidak disiplin dengan kewajiban yang harus dipenuhinya, seperti makan, sholat dan belajar. Selain itu anak menjadi malas belajar dikarenakan lebih mementingkan bermain game online. Kemudian dampak yang terjadi lainnya menjadikan emosi dan perasaan menjadi tidak terkontrol yakni menjadi mudah marah ketika sesuatu tidak seperti yang dinginkannya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92043
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5610]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository