• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital dan Pilihan Kata Pada Ringkasan Teks Eksplanasi Siswa Kelas V SDN Karangrejo 04 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Yanuar Ade Ramadhan - 150210204136_.pdf (2.171Mb)
    Date
    2019-08-22
    Author
    RAMADHAN, Yanuar Ad
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar (SD) memiliki peran dan kedudukan penting agar siswa dapat diarahkan terampil dalam berkomunikasi baik secara lisan maupun tertulis. Pembelajaran bahasa Indonesia terdiri atas empat keterampilan berbahasa meliputi keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Menulis merupakan suatu keterampilan untuk mengekspresikan segala sesuatu dalam bentuk tulisan. Kegiatan menulis yang dibelajarkan pada siswa kelas V salah satunya menulis ringkasan teks eksplanasi. Siswa dalam menulis ringkasan teks eksplanasi perlu memperhatikan penggunaan huruf kapital dan pilihan kata yang sesuai dengan aturan PUEBI, agar bahasa yang digunakan dapat dipahami oleh pembaca. Kesalahan penggunaan bahasa yang sering terjadi antara lain: kesalahan penggunaan huruf kapital dan pilihan kata. Kesalahan tersebut merupakan kesalahan yang sering dilakukan oleh siswa dan termasuk kesalahan berbahasa dalam aspek penggunaan ejaan. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk memperbaiki kesalahan penggunaan huruf kapital dan pilihan kata dan penyebab dari kesalahan penggunaan huruf kapital dan pilihan kata tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Karangrejo 04 Jember. Data diambil melalui dokumentasi dari ringkasan siswa dan data diri siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data terdiri atas tiga proses, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dan pembahasan dalam penelitian menunjukkan bahwa kesalahan penggunaan huruf kapital meliputi: (1) kesalahan penulisan pada judul ringkasan, (2) kesalahan penulisan unsur nama orang, (3) kesalahan penulisan huruf pertama nama tahun, bulan, hari, hari raya dan peristiwa sejarah, (4) kesalahan penulisan kata di awal kalimat, (5) kesalahan penulisan nama khas geografis dan (6) kesalahan penulisan kata yang menunjukkan hubungan kekerabatan. Kesalahan penggunaan huruf kapital tersebut termasuk kategori kesalahan sedang dengan persentase 36,5%. Adapun kesalahan dalam penggunaan pilihan kata meliputi: (1) kesalahan penggunaan kata bersinonim, (2) kesalahan penggunaan kata denotasi dan konotasi, (3) kesalahan penggunaan kata umum dan khusus, (4) kesalahan penggunaan kata baku dan non baku, (5) kesalahan kata ciptaan sendiri, dan (6) kesalahan keserasian kata. Kesalahan penggunaan pilihan kata dalam ringkasan teks eksplanasi siswa kelas V SDN Karangrejo 04 Jember tergolong kategori rendah dengan persentase 15,9%. Cara perhitungan persentase, jumlah kesalahan dibagi jumlah penggunaan lalu dikalikan 100%. Penyebab kesalahan penggunaan huruf kapital dan pilihan kata dalam ringkasan teks eksplanasi meliputi: (1) intervensi bahasa ibu (B1) terhadap bahasa kedua (B2), (2) kurangnya pemahaman siswa mengenai aturan penggunaan huruf kapital dan pilihan kata, (3) sikap siswa yang kurang peduli akan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, (4) rendahnya minat baca siswa dan (5) kurangnya perhatian orang tua siswa. Kesimpulan penelitian ini yaitu kemampuan penggunaan huruf kapital dan pilihan kata dalam menulis ringkasan siswa secara keseluruhan tergolong kategori sedang. Saran dalam penelitian ini, yaitu bagi siswa seharusnya lebih belajar lagi tentang penggunaan huruf kapital dan pilihan kata, melatih keterampilan menulis ringkasan sesuai dengan PUEBI. Bagi guru harus menciptakan lingkungan belajar bahasa Indonesia yang baik dan benar seperti menulis ringkasan, berdialog dengan bahasa Indonesia umtuk melatih keterampilan bahasa siswa dan tetap untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang ejaan dengan pembelajaran bahasa yang baik sesuai dengan PUEBI.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92041
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15316]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository