Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital dan Pilihan Kata Pada Ringkasan Teks Eksplanasi Siswa Kelas V SDN Karangrejo 04 Jember
Abstract
Pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar (SD) memiliki peran dan kedudukan penting agar siswa dapat diarahkan terampil dalam berkomunikasi baik secara lisan maupun tertulis. Pembelajaran bahasa Indonesia terdiri atas empat keterampilan berbahasa meliputi keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Menulis merupakan suatu keterampilan untuk mengekspresikan segala sesuatu dalam bentuk tulisan. Kegiatan menulis yang dibelajarkan pada siswa kelas V salah satunya menulis ringkasan teks eksplanasi. Siswa dalam menulis ringkasan teks eksplanasi perlu memperhatikan penggunaan huruf kapital dan pilihan kata yang sesuai dengan aturan PUEBI, agar bahasa yang digunakan dapat dipahami oleh pembaca. Kesalahan penggunaan bahasa yang sering terjadi antara lain: kesalahan penggunaan huruf kapital dan pilihan kata. Kesalahan tersebut merupakan kesalahan yang sering dilakukan oleh siswa dan termasuk kesalahan berbahasa dalam aspek penggunaan ejaan. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk memperbaiki kesalahan penggunaan huruf kapital dan pilihan kata dan penyebab dari kesalahan penggunaan huruf kapital dan pilihan kata tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Karangrejo 04 Jember. Data diambil melalui dokumentasi dari ringkasan siswa dan data diri siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data terdiri atas tiga proses, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dan pembahasan dalam penelitian menunjukkan bahwa kesalahan penggunaan huruf kapital meliputi: (1) kesalahan penulisan pada judul ringkasan, (2) kesalahan penulisan unsur nama orang, (3) kesalahan penulisan huruf pertama nama tahun, bulan, hari, hari raya dan peristiwa sejarah, (4) kesalahan penulisan kata di awal kalimat, (5) kesalahan penulisan nama khas geografis dan (6) kesalahan penulisan kata yang menunjukkan hubungan kekerabatan. Kesalahan penggunaan huruf kapital tersebut termasuk kategori kesalahan sedang dengan persentase 36,5%. Adapun kesalahan dalam penggunaan pilihan kata meliputi: (1) kesalahan penggunaan kata bersinonim, (2) kesalahan penggunaan kata denotasi dan konotasi, (3) kesalahan penggunaan kata umum dan khusus, (4) kesalahan penggunaan kata baku dan non baku, (5) kesalahan kata ciptaan sendiri, dan (6) kesalahan keserasian kata. Kesalahan penggunaan pilihan kata dalam ringkasan teks eksplanasi siswa kelas V SDN Karangrejo 04 Jember tergolong kategori rendah dengan persentase 15,9%. Cara perhitungan persentase, jumlah kesalahan dibagi jumlah penggunaan lalu dikalikan 100%. Penyebab kesalahan penggunaan huruf kapital dan pilihan kata dalam ringkasan teks eksplanasi meliputi: (1) intervensi bahasa ibu (B1) terhadap bahasa kedua (B2), (2) kurangnya pemahaman siswa mengenai aturan penggunaan huruf kapital dan pilihan kata, (3) sikap siswa yang kurang peduli akan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, (4) rendahnya minat baca siswa dan (5) kurangnya perhatian orang tua siswa. Kesimpulan penelitian ini yaitu kemampuan penggunaan huruf kapital dan pilihan kata dalam menulis ringkasan siswa secara keseluruhan tergolong kategori sedang. Saran dalam penelitian ini, yaitu bagi siswa seharusnya lebih belajar lagi tentang penggunaan huruf kapital dan pilihan kata, melatih keterampilan menulis ringkasan sesuai dengan PUEBI. Bagi guru harus menciptakan lingkungan belajar bahasa Indonesia yang baik dan benar seperti menulis ringkasan, berdialog dengan bahasa Indonesia umtuk melatih keterampilan bahasa siswa dan tetap untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang ejaan dengan pembelajaran bahasa yang baik sesuai dengan PUEBI.