Show simple item record

dc.contributor.advisorANI, Hety Mustika
dc.contributor.advisorSUKIDIN
dc.contributor.authorNAILUVAY, Sylvia
dc.date.accessioned2019-08-22T01:16:05Z
dc.date.available2019-08-22T01:16:05Z
dc.date.issued2019-08-22
dc.identifier.nimNIM150210301067
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92037
dc.description.abstractMelambatnya pertumbuhan ekonomi nasional menuntut upaya keras dan cerdas untuk mencari sumber-sumber pertumbuhan ekonomi lain yang dimiliki Indonesia. Potensi kekayaan lokal yang dimiliki Bangsa Indonesia dapat menjadi faktor untuk memajukan ekonomi kreatif di Indonesia. Oleh karena itu hampir semua pejabat pemerintah membicarakan keberdayaan dan peran UKM. Hal tersebut menyebabkan usaha kecil menengah merupakan lapangan pekerjaan yang dapat dimasuki oleh lapisan masyarakat ekonomi manapun. Keberhasilan suatu usaha dapat dilihat dari perusahaan mampu menciptakan produk yang dihasilkan. Menciptakan produk perlu adanya strategi produk. Strategi produk yang tepat akan menempatkan perusahaan dalam suatu posisi persaingan yang lebih unggul dari para pesaingannya. Salah satu usaha kecil yang memiliki keunggulan dalam hal produk yang dimilikinya yakni handicraft Citra Mandiri. Jadi dalam penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai strategi pengembangan produk pada handicraft Citra Mandiri di Desa Tutul Kecamatan Balung Kabupaten Jember. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan untuk mengakses data digunakan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ditentukan dengan metode purposive area. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumen. Sedangkan metode analisis data dalam penelitian kualitatif ini yakni pertama reduksi data yang dilakukan dengan cara merangkum, memilih hal-hal yang pokok, memfokuskan pada hal-hal yang penting, lalu dicari tema dan polanya. Kedua penyajian data dalam penelitian kualitatif ini dilakukan dalam bentuk uraian singkat, bagan, hubungan antar kategori, flowchart dan sejenisnya. Ketiga penarikan kesimpulan adalah kesimpulan yang merupakan temuan baru yang sebelumnya belum pernah ada, temuan dapat berupa deskripsi atau gambaran suatu obyek yang sebelumnya masih remang-remang sehingga setelah diteliti menjadi jelas. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa handicraft Citra Mandiri merupakan usaha kerajinan tangan yang melakukan pengembangan produknya. Melakukan strategi pengembangan produk bertujuan untuk meningkatkan produk penjualan. Usaha handicraft Citra Mandiri melakukan pengembangan produk dengan dua hal yakni secara diversifikasi produk dan melakukan strategi produk baru. Diversifikasi produk merupakan suatu strategi bagi handicraft Citra Mandiri untuk menambah jenis produk yang dimiliki. Strategi produk baru yaitu handicraft Citra Mandiri melakukan produk baru yang diluncurkan untuk mengantisipasi kejenuhan pelanggan akan produk yang sudah ada. Handicraft ini dalam melakukan produk barunya tidak hanya berkaitan dengan produk yang dipasarkan tetapi berhubungan pula dengan hal-hal atau atribut lain yang melekat pada produk tersebut.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries150210301067;
dc.subjectPengembangan Produken_US
dc.subjectHandicraften_US
dc.subjectCitra Mandirien_US
dc.titleStrategi Pengembangan Produk Pada Handicraft Citra Mandiri di Desa Tutul Kecamatan Balung Kabupaten Jemberen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record