Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Aritmetika Sosial Berbasis Jumping Task Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent Dan Field Independent
Abstract
Pembelajaran matematika merupakan pembelajaran dasar yang juga ada kaitanya dalam perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Dalam pembelajaran matematika seiring dengan tantangan Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, diperlukan kemampuan yang melibatkan kemampuan berpikir kritis, kreatif dan logis. Dari ketiga kemampuan tersebut, kemampuan yang paling utama diperlukan adalah kemampuan berpikir kreatif. Dalam berpikir kreatif siswa dituntut dalam memahami, menguasai suatu masalah yang ada dan mampu menyelesaikan masalah tersebut dengan berbagai cara secara bervariasi sesuai dengan ide kreatif. Mengembangkan berpikir kreatif siswa merupakan salah satu tujuan pembelajaran seorang guru di kelas. Pada kanyataan yang ada di sekolah, terdapat siswa yang memiliki kreativitas yang berbeda dalam menyelesaikan soal matematika, namun guru belum memperhatikan cara berpikir kreatif yang dimiliki oleh siswa. (Firdausi dan Wuryanto, 2010). Oleh sebab itu, perlu adanya analisis kemampuan berpikir kreatif siswa secara mendetail agar guru bisa mengetahui kemampuan berpikir kreatif setiap siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi aritmetika sosial berbasis Jumping Task ditinjaui dari gaya kognitif field dependent dan field independent.