Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Cooperative Script terhadap Kesadaran Metakognisi dan Hasil Belajar Siswa (Kelas X MIPA SMAN Arjasa Tahun Pelajaran 2018/2019)
Abstract
Biologi merupakan salah satu ilmu sains yang mempelajari semua tentang
makhluk hidup, salah satu yang dipelajari adalah mengenai kingdom animalia,
materi kingdom animalia menuntut siswa untuk menghafal yang menyebabkan
minat dan hasil belajar yang dimiliki siswa rendah. Salah satunya di Kabupaten
Jember yaitu di SMAN 1 Arjasa, Jember, untuk mengatasi hal tersebut perlu
untuk meningkatkan kesadaran metakognisi siswa dalam belajar hal itu
merupakan salah satu aspek yang penting, dikarenakan kemampuan metakognisi
dapat membantu siswa untuk berpikir tingkat tinggi yang dapat membantu siswa
dalam meningkatkan hasil belajar. Berpikir tingkat tinggi dapat didukung dengan
menerapkan model pembelajaran yang mengutamakan keterlibatan siswa dalam
melaksanakan proses pembelajaran salah satunya adalah model pembelajaran
inkuiri.
Model pembelajaran inkuiri penerapannya memiliki kelemahan dalam
proses pembelajaran siswa kurang terlibat aktif dalam kelompok diskusi, sehingga
untuk menyelesaikan permasalahan tersebut guru harus memiliki cara lain untuk
membantu siswa lebih aktif dalam pembelajaran dan dalam diskusi dengan
kelompoknya. Kelemahan yang dimiliki inkuiri dapat diatasi dengan model
pembelajaran Cooperative Script yaitu seatu model pembelajaran, dimana siswa
dapat berdiskusi dengan teman sebangku