• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Penggunaan Metode Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantu Media Ludo Pintar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan di Sdn Karangrejo 02 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Lovelya Nurharani Hendranti - 150210204149_.pdf (8.813Mb)
    Date
    2019-08-21
    Author
    HENDRANTI, Lovelya Nurharani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kegiatan pada SDN Karangrejo 02 Jember sudah menggunakan kurikulum 2013, kurikulum ini menuntut guru dan siswa lebih aktif dalam pembelajaran, bertujuan untuk mempersiapkan sejak dini agar produktif, kreatif, inovatif, dan efektif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Adakah Pengaruh Penggunaan Metode Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantu Media Ludo Pintar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan Di SDN Karangrejo 02 Jember?” Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen (Quasi experimental). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes objektif dalam bentuk soalsoal pilihan ganda. Analisis data pada penelitian ini adalah nilai posttest yang diperoleh setelah diberikan perlakuan atau treatment pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling. Hasil undian menunjukkan kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas eksperimen. Uji homogenitas dengan menggunakan nilai pretest kedua kelas, kemudian diuji menggunakan uji levene test dengan menggunakan SPSS versi 21. Berdasarkan hasil uji homogenitas yang telah dilakukan pada kedua kelas, dapat diketahui koefisien F diperoleh sebesar 0,193. Hal tersebut menunjukkan bahwa koefisien F lebih besar dari 0,05 (0,193 > 0,05). Jadi dapat disimpulkan bahwa kedua kelas tersebut yaitu kelas VA dan VB tingkat kemampuan siswa sebelum diberikan perlakukan kondisinya adalah homogen. Berdasarkan hasil penelitian temuan yang diperoleh adalah siswa merasa senang dan antusias ketika mengikuti pelajaran menggunakan media ludo pintar mereka menyatakan bahwa proses pembelajaran tidak membosankan, karena siswa lebih mudah memahami pelajaran. Mereka sangat antusias dan berlombalomba untuk mendapatkan reward. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan signifikan dalam penerapan metode pembelajaran koopertif tipe TGT berbantu media ludo pintar yang dapat diketahui dari perbedaan nilai pretest dan postest. Data yang dianalisis pada penelitian ini adalah nilai posttest yang diperoleh setelah diberikan perlakuan pada kelas kontrol (VA) dan eksperimen (VB) Penghitungan uji-t dilakukan dengan menggunakan program SPSS versi 21. Nilai t-tabel yang digunakan yaitu nilai t-tabel pada taraf kepercayaan 95% atau taraf signifikansi 0,05 dengan menggunakan uji-t sampel terpisah. Berdasarkan hasil perhitungan dengan program SPSS versi 21, diperoleh rata-rata nilai pada postest pada kelas eksperimen sebesar 78,6, sedangkan rata-rata nilai postest pada kelas kontrol sebesar 65,45. Hasil perhitungan uji-t dengan menggunakan program SPSS versi 21 diperoleh hasil t-hitung sebesar 6,511. Hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttabel, dengan db = (27 + 31) – 2 = 56 pada taraf signifikansi 5%, dan diperoleh nilai t-tabel sebesar 2,003. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel yaitu 6,511 > 2,003. Berdasarkan analisis tersebut diperoleh thitung > ttabel yaitu 6,511 > 2,003), dengan demikian hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Jadi terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran dengan metode kooperatif tipe TGT berbantu media ludo pintar terhadap hasil belajar siswa kelas V tema 7 peristiwa dalam kehidupan di SDN Karangrejo 02 Jember. Guru dapat menerapkan metode kooperatif TGT dalam pembelajaran. Karena berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan, penggunaan metode kooperatif TGT dalam pembelajaran tematik terbukti lebih baik dibandingkan dengan metode diskusi. Guru harus memperhatikan faktor internal yang mempengaruhi hasil belajar siswa terutama pada minat, perhatian dan motivasi belajar siswa
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92009
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository