Analisis Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Siswa Kelas Iv Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Subtema Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku
Abstract
Pendidikan karakter merupakan suatu penanaman nilai-nilai karakter terhadap siswa atau peserta didik dalam dunia pendidikan, karena pendidikan dijadikan sebuah tempat untuk membentuk pribadi anak agar bisa menjadi lebih baik. Sebagai seorang tenaga pendidik, seorang guru harus dapat memberikan contoh yang baik bagi peserta didik, karena sikap dan perilaku guru merupakan contoh atau teladan bagi siswa. Banyak hasil penelitian yang menemukan bahwa perilaku yang tidak terpuji dari generasi muda di Indonesia yaitu etika, moral dan budi pekertinya sudah mulai terabaikan. Sikap yang kurang sopan kepada orang yang lebih tua, acuh tak acuh, bullying yang sering terjadi dengan cara mengucilkan seseorang yang memiliki kekurangan atau kelemahan, serta masalahmasalah lainnya di kalangan siswa. Penanaman pendidikan karakter baik di sekolah maupun di lingkungan terlihat masih kurang, hal ini dapat dirasakan dalam dunia pendidikan yang semakin menurun karakternya. Untuk menanamkan pendidikan karakter yang baik kepada siswa, guru membutuhkan salah satu sumber utama yaitu buku siswa. Adanya buku siswa tersebut mempermudah guru dan siswa untuk meniru dan menerapkan nilai-nilai dalam kehidupan sehari-hari. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “apa saja nilai-nilai karakter yang terdapat pada buku siswa kelas IV tema Indahnya Keragaman di Negeriku Subtema Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku edisi revisi 2017?”. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Peneliti menggunakan analisis deskriptif untuk menganalisis nilai-nilai apa saja yang ada di dalam buku tematik siswa, dalam penelitian ini adalah nilai-nilai karakter yang terdapat pada buku siswa yaitu nilai nasionalisme, nilai religius, dan nilai gotong royong. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku tematik terpadu kelas IV SD/MI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi dan dokumentasi. Metode analisis isi yang akan dilakukan oleh peneliti yaitu untuk melihat isi buku yang akan diteliti secara objektif. Analisis data yang dilakukan terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap pereduksian data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis yang diperoleh terdapat tiga nilai-nilai karakter pada buku tematik siswa kelas IV tema Indahnya Keragaman di Negeriku subtema Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku. Jumlah keseluruhan nilai karakter yang ditemukan pada buku siswa tema Indahnya Keragaman di Negeriku Subtema Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku sebanyak 31. Adapun rincian jumlah setiap karakter yaitu: 19 nilai nasionalisme, 10 nilai religius, dan 2 nilai gotong-royong. Berdasarkan data tersebut dapat diketahui bahwa yang menduduki urutan teratas berdasarkan frekuensi kemunculannya adalah nilai nasionalisme. Kesimpulan penelitian ini berdasarkan hasil analisis nilai-nilai kerakter pada buku tematik siswa kelas IV tema Indahnya Keragaman di Negeriku Subtema Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku edisi revisi 2017 terdapat tiga nilai karakter yaitu nilai nasionalisme, nilai religius, dan nilai gotong-royong. Nilai nasionalisme adalah nilai yang paling banyak muncul. Saran yang diberikan adalah sebagai berikut: (1) bagi guru, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan penilaian tambahan nilai karakter yang tidak terdapat dalam buku pegangan guru, sehingga karakter siswa dapat diamati dari waktu ke waktu, (2) bagi peneliti selanjutnya, diharapkan penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi untuk menganalisis nilai-nilai kerakter pada tema-tema lain, sehingga nilai-nilai karakter yang dikembangkan dapat teridentifikasi dengan jelas, (3) bagi penulis buku, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan tambahan nilai-nilai karakter yang belum mencakup nilai PPK (Penguat Pendidikan Karakter).