Peran Profesionalisme Tutor Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Warga Belajar Paket C Di PKBM Al-Muttaqin Desa Banjarsengon Kecamatan Patrang Kabupaten Jember
Abstract
Salah satu program Pendidikan Non formal adalah Pendidikan Kesetaraan Program Paket C. Program Paket C setara dengan SMA/MA berfungsi untuk menuntaskan wajib belajar 9 tahun. Salah satu lembaga yang menyelenggarakan program paket C adalah Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). PKBM diselenggarakan bertujuan untuk memberikan layanan Pendidikan Non Formal sebagai penambah, pengganti dan pelengkap pendidikan formal bagi masyarakat yang membutuhkan pengetahuan, keterampilan, kecakapan hidup dan kepribadian agar bisa mengekspresikan dirinya dalam proses belajar. Dalam pelaksanaan pembelajaran di PKBM harus ada seorang pendidik atau yg disebut dengan tutor yang melakukan perbaikan apapun untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan tutor yang profesional dan berkualitas. Rumusan dalam penelitian ini adalah Bagaimana peran profesionalisme tutor dalam meningkatkan motivasi belajar pada warga belajar paket C di PKBM Al-Muttaqin Desa Banjarsengon Kecamatan Patrang Kabupaten Jember?. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan informasi, perbandingan dan referensi literatur bagi peneliti lain, serta dapat mengembangkan ilmu pendidikan khususnya bagi Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, serta bagi PKBM Al-Muttaqin dapat dijadikan salah satu masukan dan dukungan dalam melakukan pembelajaran pendidikan kesetaraan program paket C dimasa yang akan datang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan penelitian kualitatif. Penentuan lokasi ini menggunakan metode purposive area yaitu di PKBM Al-Muttaqin Desa Banjarsengon Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Teknik penentuan informan penelitian menggunakan metode snowball sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode: wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yakni perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis model Miles dan Huberman yakni pengumpulan data, reduksi data, pemaparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peran profesionalisme tutor sudah memenuhi standar kompetensi dalam merencanakan pembelajaran, dilihat dari mempersiapkan silabus, membuat RPP, kompetensi dasar dan lainnya. Pelaksanaan di dalam kelas juga berjalan dengan baik, tutor sangat menguasai materi yang akan diajarkan terhadap warga belajar. Begitu juga dengan hal tutor dalam menilai hasil belajar pada warga belajar juga telah sesuai dengan tuntutan standar penilaian yang berlaku, dengan melakukan tes dan remidi untuk menentukan hasil dari pencapaian siswa selama belajar di PKBM Al Muttaqin Desa Banjarsengon Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. (2) Motivasi belajar terhadap warga belajar dalam mengikuti pembelajaran mandiri terdiri dari motivasi instrinsik dan motivasi ekstrinsik, motivasi belajar secara keseluruhan warga belajar memiliki motivasi yang baik dalam melaksanakan belajar mandiri, sehingga perlu adanya peningkatan motivasi dari dalam maupun luar dirinya. Peran tutor yang dimiliki yaitu sebagai motivator, informator, organisator, pembimibing, inisiator, mediator, fasilitator dan evaluator. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran tutor di PKBM Al-Muttaqin sudah berperan sangat baik dalam memberikan pembelajaran pendidikan kesetaraan di program paket C yang bertempat di Desa Banjarsengon Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Secara teori yang di dapat dari hasil penelitian, tutor sudah memenuhi standar kompetensi dalam merencanakan pembelajaran, dilihat dari mempersiapkan silabus, membuat RPP, kompetensi dasar, dan lainnya.