Menyelesaikan Kajian Local Super H-Decomposition Antimagic Total Coloring Dan Penerapan Research Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Generalisasinya
Abstract
Pendidikan adalah sebagai usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan
suasana belajar dan proses pembelajaran sedemikian rupa sehingga peserta didik
dapat mengembangkan potensi dirinya secara aktif dan supaya memiliki
pengendalian diri, kecerdasan, keterampilan dalam bermasyarakat, kekuatan
spiritual keagamaan, kepribadian serta akhlak mulia. Pendidikan tidak lepar dari
peserta didik. Salah satu pembelajaran yang dapat dilakukan adalah pembelajaran
yang berpusat pada peserta didik. Pembelajaran yang berpusat kepada peserta
didik berbeda dengan cara tradisional yaitu yang berpusat pada pendidik, dalam
artian keduanya mempunyai pendekatan yang berbeda dalam isi, intruksi,
lingkungan kelas, penilaian, dan teknologi. Penelitian ini membahas tentang
analisis keterampilan berpikir generalisasi mahasiswa dalam menyelesaikan
kajian local super super h-decomposition antimagic total coloring dan penerapan
research based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir
generalisasinya, sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses
dan hasil yang dari penerapan research based learning.
Pada konsep local super super h-decomposition antimagic total coloring
mahasiswa diharapkan mampu mengerti seperti apa graf H-decomposistion,
menentukan pelabelan disetiap titik dan sisi graf sesuai dengan aturan Hdecomposistion
serta menentukan bilangan kromatik dari suatu graf dan memberi
kesimpulan.