dc.description.abstract | Humas adalah kegiatan komunikasi dalam organisasi yang berlangsung
dua arah atau timbal balik. Posisi humas merupakan penunjang tercapainya tujuan
yang ditetapkan oleh suatu manajemen organisasi. Sasaran humas adalah publik
internal dan eksternal, dimana secara operasional humas bertugas membina
hubungan harmonis antara organisasi dengan publik. Oleh karena itu, dapat
dikatakan bahwa setiap instansi atau lembaga baik swasta maupun pemerintah,
pasti tidak akan lepas dari humas. Karena, humas merupakan bidang atau fungsi
tertentu yang diperlukan setiap organisasi. Sehingga kebutuhan tentang humas
tidak dapat dicegah. Humas juga merupakan salah satu elemen yang menentukan
kelangsungan suatu organisasi secara positif. Humas memegang peranan yang
cukup besar, yakni dalam membentuk dan menjaga reputasi atau citra pada
organisasi tersebut.
Sedangkan dalam instansi pemerintah, bahwa keberadaan humas di
instansi pemerintah, harus fungsional dan operasional dalam upaya
mempublikasikan atau menyebarluaskan suatu kegiatan instansi yang
bersangkutan untuk kepentingan internal maupun eksternal, dan dalam
pengertiannya ada beberapa tugas dan fungi atau peran salah satunya adalah
membangun dan mempertahankan hubungan baik dengan pihak internal maupun
eksternal. Dalam menjalin hubungan internal yakni dengan segenap pegawai yang
ada di lingkungan perusahaan, sedangkan untuk pihak eksternal yakni dengan
masyarakat luas, dimana media ini sangat penting bagi kegiatan kehumasan
karena memiliki kekuatan di hadapan publik.
Di perusahaan sangatlah penting peranan sebuah media, dimana media ini
dapat dikembangkan menjadi sebuah konsep komunikasi. Saat ini kita telah
memasuki era informasi dimana media mempunyai peranan yang sangat
penting dalam kehidupan sehari-hari. Media yang cukup akrab dengan kita yaitu
media cetak seperti Koran atau majalah, lalu media elektronik yaitu televisi dan
radio, serta media baru yaitu internet dan media sosial. Media juga mempunyai
peran yang sangat besar dalam membangun citra dan nama baik perusahaan.
Menggunakan media merupakan salah satu strategi paling efektif dalam
menjangkau masyarakat luas.
Ada beberapa media yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Situbondo
yang bertujuan untuk memberikan informasi secara internal maupun eksternal.
Media secara internal, Pemerintah Kabupaten Situbondo memiliki media
monitoring, sedangkan media eksternalnya yakni mealui media online/ web sit.
Media monitoring merupakan media internal yang diperuntukkan pejabat
Pemerintah Kabupaten Situbondo, yang artinya tidak untuk di konsumsi untuk
umum maupun staf. Adapun media monitoring adalah hasil dari kliping surat
kabar harian kegiatan bupati untuk dijadikan bahan SPJ (surat pembayaran jasa).
Media eksternal yang dipergunakan humas Pemerintah Kabupaten
Situbondo adalah website, sebagai alat untuk menyampaikan informasi kepada
masyarakat luas, dengan alamat (http://situbondokab.go.id). Dengan website ini
humas Pemerintah Kabupaten Situbondo dapat mempublikasikan informasi up to
date mengenai segala hal yang berkaitan dengan pemerintah. Diharapkan dengan
adanya website ini dapat memperlancar arus komunikasi dua arah antara
pemerintah dan masyarakat. | en_US |