Pengaruh Knowledge Management, Skill, Dan Work Attitude Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Bank BRI Syariah Kantor Cabang Banyuwangi
Abstract
Pada era modern ini banyak muncul fenomena yang terjadi dalam organisasi berkaitan Sumber Daya Manusia (SDM). Sebuah organisasi dapat dikatakan berhasil dilihat dari pengelolaan sumber daya manusia yang terdapat di dalamnya. Setiap organisasi harus memperhatikan sumber daya manusia karena akan berpengaruh terhadap peningkatan kinerja. Tujuan dari kinerja salah satunya yaitu untuk mengembangkan produktivitas karyawan. Pengembangan produktivitas karyawan dapat dilakukan dengan cara peningkatan knowledge management, skill, dan juga perbaikan terhadap work attitude. Dengan adanya hal-hal tersebut akan menciptakan kinerja karyawan yang optimal untuk kemajuan organisasi.
Lokasi penelitian ini adalah PT Bank BRI Syariah Kantor Cabang Banyuwangi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebar kuesioner, wawancara, studi pustaka, dan observasi pada karyawan PT Bank BRI Syariah Kantor Cabang Banyuwangi sebanyak 30 responden. Metode analisis data menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda dengan variabel bebas yaitu knowledge management, skill, dan work attitude, variabel terikat yaitu kinerja karyawan. Data primer diperoleh peneliti dari objek penelitian secara langsung melalui kuesioner, wawancara, dan observasi serta data sekunder diperoleh peneliti dari objek peneltian secara tidak langsung melalui media perantara dari jurnal dan artikel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel knowledge management, skill, dan work atitude berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT Bank BRI Syariah Kantor Cabang Banyuwangi. Dapat disimpulkan bahwa knowledge management, skill, dan work attitude yang baik dapat meningkatkan kinerja karyawan.