Pengaruh Penggunaan Media Permainan Bowling Number Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1-10 Pada Anak Kelompok a Di TK Muslimat Nu 63 Wuluhan Jember Tahun Pelajaran 2018/2019
Abstract
Pendidikan anak usia dini diharapkan dapat mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak, meliputi perkembangan moral dan nilai agama, kognitif, sosial emosional, bahasa, fisik motorik, dan seni, memiliki pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan perkembangan dan karakteristik anak usia dini. Metode yang menyenangkan dan menggunakan media yang menarik ketika pembelajaran akan memudahkan anak dalam mencapai tujuan dari program PAUD. Berkenaan hal tersebut, media permainan Bowling Number diharapkan dapat membantu proses pembelajaran untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, “Apakah ada pengaruh penggunaan media permainan Bowling Number terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak kelompok A di TK Muslimat NU 63 Wuluhan Jember Tahun Pelajaran 2018/2019?” adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media permainan Bowling Number terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak kelompok A di TK Muslimat NU 63 Wuluhan Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimental dengan desain penelitian pra eksperimental menggunakan pola penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Lokasi yang digunakan sebagai tempat penelitian yaitu di TK Muslimat NU 63 Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode pengambilan data menggunakan tes, observasi, dan
dokumentasi. Uji validitas dan uji reliabilitas dalam penelitian ini menggunakan rumus Spearman’s rho atau tata jenjang. Analisis datanya mengunakan uji t Paired Sampel T-Test karena data yang diambil berupa angka dan sampel yang berhubungan.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dengan menggunakan paired sample t-test diperoleh hasil thitung sebesar 12,533, dan nilai p sebesar 0,00. Hasil penghitungan t-test kemudian dikonsultasikan dengan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa nilai signifikansinya <0,05, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya ada pengaruh penggunaan media permainan Bowling Number terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak kelompok A di TK Muslimat NU 63 Wuluhan Jember.
Beberapa saran yang disampaikan dari hasil penelitian ini adalah bahwa guru hendaknya menerapkan media permainan Bowling Number untuk mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak dengan menggunakan pin bowling yang lebih kokoh, pemberian reward untuk meningkatkan konsentrasi dan minat anak untuk ikut bermain sehingga pembelajaran lebih kondusif. Saran untuk peneliti lain, hendaknya menggunakan media yang lebih kokoh dan memberikan langkah pengkondisian kepada anak sebelum permainan Bowling Number dimulai.