dc.description.abstract | Proses pembelajaran membutuhkan adanya motivasi belajar dalam diri siswa. Hal itu karena motivasi belajar siswa dapat berpengaruh pada Prestasi belajar yang diperoleh siswa. Motivasi belajar merupakan keseluruhan daya penggerak atau dorongan yang dalam diri siswa untuk melakukan kegiatan belajar, yang ditunjukkan dengan adanya minat dan perhatian siswa terhadap pelajaran, semangat siswa dalam belajar, tanggung jawab siswa dalam belajar, reaksi siswa terhadap stimulus yang diberikan guru, serta rasa senang dan puas siswa dalam mengerjakan tugas. Sama halnya dengan siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tapen, dimana siswa yang memiliki motivasi belajar yang tinggi, akan mencapai Prestasi belajar yang maksimal. Sesuai dengan permasalahan yang ada, maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap Prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 tapen kabupaten bondowoso tahun ajaran 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat korelasional. Metode penentuan lokasi penelitian ini menggunakan metode purposive area yaitu di SMA Negeri 1 Tapen. Metode penentuan responden dalam penelitian ini menggunakan populasi yaitu seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tapen yang berjumlah 55 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode angket, metode dokumen, metode observasi, dan metode wawancara. Tehnik pengolahan data yang digunakan terdiri dari editing, skoring, dan tabulasi. Uji instrumen penelitian yang digunakan yaitu uji validitas
viii
dan uji reliabilitas. Uji asumsi klasik yang digunakan yaitu uji normalitas dan uji linearitas, dan untuk metode analisis data menggunakan analisis inferensial yang terdiri dari analisis regresi sederhana, analisis varian garis regresi, uji F, Efektifitas garis regresi (R2) dan standart eror of estimate.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tapen tahun ajaran 2018/2019. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan uji F, dimana nilai Fhitung 228,726 > Ftabel 3,087 dengan tingkat signifikan F = 0,000 < = 0,05. Sedangkan besarnya konstribusi motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tapen tahun ajaran 2018/2019 yaitu sebesar 81,2%, sedangkan 18,8% dipengaruh oleh variabel bebas lain yang tidak diteliti dalam penelitian seperti minat belajar, kecerdasan emosional, kemandirian belajar, dan lain- lain. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi motivasi belajar siswa maka semakin bagus prestasi belajar yang diperoleh.
Adapun saran yang dapat diberikan pada pihak SMA Negeri 1 Tapen, untuk lebih memperhatikan segala fasilitas belajar yang ada di sekolah, agar pembelajaran dapat berjalan dengan lancar. Bagi guru, untuk lebih memperhatikan motivasi belajar siswa terutama pada saat kegiatan pembelajaran, supaya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Dan bagi peneliti lain, diharapkan dalam melakukan penelitian serupa dengan penelitian ini untuk mengambil variabel lain yang tidak turut diteliti dalam penelitian ini, supaya dapat menciptakan penelitian yang lebih baik dan nantinya sebagai refrensi penelitian. | en_US |