• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Teknik Concept Mapping terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa

    Thumbnail
    View/Open
    Arina Firdausi Nur Ardhan - 150210103102.pdf (2.936Mb)
    Date
    2019-08-15
    Author
    Firdausi Nur Ardhan, ARINA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Memasuki pembelajaran abad 21 siswa dihadapkan pada beberapa keterampilan yang harus dimiliki dalam proses pembelajaran, meliputi berpikir kritis, kreatif, komunikatif dan kolaboratif. Berpikir kritis menjadi salah satu keterampilan yang penting untuk dikembangkan siswa (generasi muda) guna peningkatan sumber daya manusia demi menghadapi perkembangan zaman. Proses melatih keterampilan berpikir kritis siswa perlu dilaksanakan di sekolah-sekolah guna mempersiapkan generasi penerus bangsa yang berdaya saing global. Keterampilan berpikir kritis merupakan suatu cara atau sikap yang dimiliki oleh seseorang untuk berpikir secara mendalam mengenai masalah-masalah yang diberikan. Berpikir kritis dapat diartikan sebagai proses yang terarah dan jelas yang digunakan untuk memecahkan masalah seperti menganalisis argumen, bertanya dan menjawab pertanyaan, menginduksi dan mempertimbangkan hasil induksi, mengidentifikasi asumsi-asumsi serta menentukan suatu tindakan. Namun pada kenyataannya, mayoritas guru di sekolah masih belum melatih keterampilan berpikir kritis siswa, guru cenderung masih menggunakan model pembelajaran yang terpacu pada teavher-centered-learning, yang menyebabkan siswa menjadi pasif selama proses pembelajaran berlangsung. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan saat ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran tertentu, seperti model problem based learning dengan teknik concept mapping.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/91812
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository