Penerapan Strategi Know, Want to Know, Learned (Kwl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Pemahaman Siswa Kelas IVB Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku SDN Jember Lor 02
Abstract
Salah satu keterampilan berbahasa adalah membaca. Membaca dapat diartikan sebagai kegiatan yang dilakukan untuk mendapatkan informasi dari suatu tulisan, dengan tujuan untuk memperoleh pemahaman yang bersifat menyeluruh tentang suatu bacaan. Hasil pengamatan awal di kelas IVB SDN Jember Lor 02 diperoleh beberapa permasalahan dalam pembelajaran membaca, yaitu siswa belum dapat memahami isi bacaan yang dibacanya, dan siswa belum dapat menceritakan kembali isi bacaan yang dibacanya dengan kalimat sendiri secara runtut. Hal tersebut menjadi permasalahan yang perlu diberikan solusi, mengingat dalam kompetensi dasar kelas IV adalah siswa harus mampu dan telah mencapai fase membaca pemahaman. Siswa perlu dikenalkan langkah-langkah membaca yang baik untuk dapat memahami bacaan dengan lebih efektif. Oleh karena itu, guru perlu menggunakan strategi pembelajaran yang sesuai dengan membaca pemahaman. Salah satu strategi yang dapat diterapkan adalah strategi pembelajaran KWL (Know–Want to Know–Learned). Melalui strategi KWL, siswa dapat mengingat bacaan lebih lama, karena strategi ini menekankan siswa untuk memahami apa yang telah dibacanya dan terarah pada pokok dalam suatu bacaan sehingga siswa juga dapat memperoleh informasi baru melalui bacaan yang dibacanya.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah “Bagaimanakah proses penerapan strategi KWLyang dapat meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman pada siswa kelas IVB tema indahnya keragaman di negeriku di SDN Jember Lor 02 semester genap tahun pelajaran 2018/2019?” dan “Bagaimanakah peningkatan hasil belajar membaca pemahaman setelah menggunakan strategi KWL pada siswa kelas IVB tema indahnya keragaman di negeriku di SDN Jember Lor 02 semester genap tahun pelajaran 2018/2019?”.