Pengaruh Citra Merek Dan Gaya Hidup Terhadap Minat Beli Tas Tiruan Oleh Mahasiswi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Jember the Effect of Brand Image and Lifestyle on Purchase Intention in Buying Imitation Bags by Students Faculty of Economics and Bussiness of Jember University
Abstract
Era globalisasi menjanjikan suatu peluang dan tantangan bisnis baru dalam berbagai sektor industri di Indonesia. Perkembangan teknologi yang dimanfaatkan oleh produsen membuat tren baru cepat menyebar luas di masyarakat. Dengan adanya perubahan tren yang sangat cepat, para konsumen didorong untuk mengikuti dan menyesuaikan diri dengan tren yang baru agar tidak ketinggalan tren. Para pelaku bisnis fashion harus mampu menciptakan dorongan atau stimulus yang efektif untuk menarik konsumen mengikuti perkembangan tren terbaru. Perkembangan yang terjadi pada dunia fashion di Indonesia belakangan ini sangat berkembang pesat, terutama perkembangan tas tiruan atau tas tiruan merek terkenal. Hal ini menjadi pemikiran para pelaku bisnis untuk menjual produk tiruan yang diduplikasi sedemikian rupa sehingga mirip dengan aslinya sehingga adanya citra merek pada suatu produk dengan mudah membuat konsumen tergiur akan produk tersebut dikarenakan merek terkenal, selain itu gaya hidup salah satu faktor lain yang membuat konsumen semakin tertarik membeli tas tiruan yang dijual. Sehingga memicu timbulnya minat beli konsumen akan produk tas tiruan.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengaruh citra merek dan gaya hidup terhadap minat beli tas tiruan mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Jenis penelitian ini adalah explanatory research. Data primer tersebut diperoleh dari hasil jawaban kuesioner pada 110 responden yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Confirmatory Technique
Berdasarkan analisis hasil studi dan pembahasan tentang pengaruh pengaruh citra merek dan gaya hidup, secara parsial terhadap minat beli tas tiruan mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember, maka dapat diambil beberapa kesimpulan sebagai berikut : 1) citra merek secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat beli tas tiruan mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember 2) gaya hidup, secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat beli tas tiruan mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember