• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Lkpd Tema Daerah Tempat Tinggalku Berbasis Kearifan Lokal Kelas IV SDN 4 Kalibaru Manis Kabupaten Banyuwangi

    Thumbnail
    View/Open
    Fania Narulita - 150210204090 Sdh.pdf (4.552Mb)
    Date
    2019-08-14
    Author
    Narulita, Fania
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    kurikulum 2013 pemerintah telah menyiapkan bahan ajar berupa buku guru dan buku siswa. Materi pada buku siswa masih bersifat umum. Siswa lebih paham dan mendapatkan pembelajaran bermakna jika materi yang digunakan merupakan materi yang ada di sekitarnya. Salah satu cara untuk mencapai hal tersebut yaitu dengan mengembangkan materi berbasis kearifan lokal Banyuwangi yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Materi kearifan lokal Banyuwangi hanya ada pada pembelajaran bahasa Osing sedangkan siswa SDN 4 Kalibaru Manis mayoritas menggunakan bahasa Madura. Oleh karena itu untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran sekaligus mengenalkan kearifan lokal di lingkungan siswa dengan pembelajaran bermakna maka dikembangkan LKPD suplemen sebagai pendamping buku siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah proses dan hasil pengembangan LKPD Tema Daerah Tempat Tinggalku Berbasis Kearifan Lokal Kelas IV SDN 4 Kalibaru Manis Kabupaten Banyuwangi. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui proses dan hasil pengembangan LKPD Tema Daerah Tempat Tinggalku Berbasis Kearifan Lokal Kelas IV SDN 4 Kalibaru Manis Kabupaten Banyuwangi. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan Borg and Gall yaitu 1) Research and Information Collecting, 2) Planning, 3) Develop Preliminary Form a Product, 4) Preliminary Field Testing, 5) Main Product Revision, 6) Main Field Testing, 7) Operational Product Revision, 8) Operasional Field Testing, 9) Final Produk Revision dan 10) Dissemination and Implementation. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, kuesioner dan observasi. Instrumen penelitian adalah validasi yang dilakukan oleh 3 validator.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/91722
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository