• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Metode Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Tema Indahnya Keragaman Negeriku Pada Siswa Kelas IV Di SD Muhammadiyah1 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Elfa Mahardika Yustia Rahmi - 150210204148 Sdh.pdf (9.975Mb)
    Date
    2019-08-13
    Author
    Rahmi, Elfa Mahardika Yustia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kegiatan pembeajaran pada kurikulum 2013 tidak hanya menekankan pada ranah kognitif siswa, namun juga melibatkan ranah afektif dan psikomotorik. Guru kelas IV di SD Muhammadiyah 01 Jember belum menerapakan metode pembelajaran yang inovatif, sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa belum maksimal. Peneliti mencoba menerapkan metode inkuiri dalam pembelajaran Tema Indahnya Keragaman Negeriku. Rumusan masalah pada penelitian ini “ adakah Pengaruh Metode Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Tema Indahnya Keragaman Negeriku pada siswa kelas IV di SD Muhammadiyah 01 Jember ? “. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh metode Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Tema Indahnya Keragaman Negeriku pada siswa kelas IV di SD Muhammadiyah 01 Jember. Subjek penelitian ini yaitu kelas IV B dan IV D (62siswa). Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan pola pretest posttest control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan berupa beda nilai pretest dan posttest pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan teknik random sampling (acak) dengan hasil kelas IV B sebagai kelas kontrol dan kelas IV D sebagai kelas eksperimen. Sebelum menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, peneliti terlebih dahulu melakukan uji homogenitas untuk mengetahui homogen tidaknya kemampuan awal siswa sebelum diberikan perlakuan. Uji homogenitas dilakukan menggunakan nilai ulangan harian siswa kelas IV SD Muhammadiyah 01 Jember. Berdasarkan hasil uji homogenitas dengan uji t diperoleh hasil ttabel sebesar 1,980. Hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttabel, diketahui db = (32+32) -2 = 62 pada taraf signifikansi 5% diperoleh nilai ttabel sebesar 1,980. Hasil perhitungan dikonsultasikan dengan nilai ttabel yaitu 1,980. Hasil perhitungan uji-t pada rata-rata ketiga ranah hasil belajar yaitu t0<ttabel (5,298< 1,980) dengan kefektifan relatif sebesar 42,3 % kategori sedang, pada ranah kognitif yaitu t0<ttabel (4,340< 1,980) dengan keefektifan relatif sebesar 59,2% dengan kategori sedang, pada ranah afektif yaitu t0<ttabel (3,170< 1,980) dengan keefektifan relatif sebesar 44,8% dengan kategori sedang dan pada ranah psikomotorik yaitu t0<ttabel (4,051< 1,980) dengan keefektifan relatif sebesar 46,6% dengan kategori sedang, sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/91708
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository