Analisis Peran Operator Sekolah Dalam Manajemen Kesiswaan Di TK Pertiwi Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019
Abstract
Operator Sekolah (OPS) merupakan Tenaga Administrasi Sekolah (TAS) yang salah satu tugasnya adalah untuk memasukkan data sekolah maupun peserta didik dalam Dapodik (Data Pokok Pendidikan). Dapodik adalah sistem pendataan skala nasional yang terpadu, dan merupakan data utama pendidikan nasional, yang merupakan bagian dari program perencanaan pendidikan nasional dalam mewujudkan insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif. Berdasarkan observasi awal yang telah dilakukan di TK Pertiwi Kabupaten, adapun operator sekolah di TK Pertiwi bertugas sebagai petugas khusus sekolah yaitu untuk memasukkan data tentang sekolah maupun peserta didik dan mengirimkan data yang berkaitan dengan sekolah baik secara offline maupun secara online. Tidak hanya memasukkan data sekolah maupun peserta didik ke Dapodik, operator sekolah juga ditugaskan untuk mengisi kuisioner Standar Pelayanan Minimal (SPM), laporan individu yang di antaranya adalah (identitas sekolah, data kepala sekolah, guru dan staf, sarana dan prasarana), serta pengisian Verval PD (Verifikasi dan Validasi Peserta Didik) dengan tugas untuk mengecek sinkronisasi data terakhir siswa.
Melihat pentingnya tugas dari operator sekolah dalam mengolah data siswa, peneliti tertarik untuk meneliti tentang “Analisis Peran Operator Sekolah dalam Manajemen Kesiswaan di TK Pertiwi Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019”. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah “Bagimanakah Peran Operator Sekolah dalam Manajemen Kesiswaan di TK Pertiwi Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019?”, sedangkan tujuan yang ingin dicapai yaitu untuk mendeskripsikan peran operator sekolah dalam manajemen kesiswaan di TK Pertiwi Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.