• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Tingkat Keterbacaan Wacana pada Buku Tematik Kurikulum 2013 Kelas IV SD Berdasarkan Grafik Fry

    Thumbnail
    View/Open
    Ega Artika Devi-150210204126_1.pdf (2.480Mb)
    Date
    2019-08-13
    Author
    DEVI, Ega Artika
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Buku teks merupakan salah satu sumber belajar yang penting dalam kegiatan proses pembelajaran di sekolah. Wacana yang terdapat pada buku teks, haruslah wacana yang dapat dibaca dan dipahami siswa sesuai dengan jenjangnya. Aspek keterbacaan yang kurang sesuai dengan kemampuan siswa dapat mempengaruhi kemampuan siswa dalam memahami isi yang ada pada wacana tersebut. Terkait hal tersebut kesesuaian keterbacaan wacana yang ada pada buku siswa kelas IV edisi revisi 2017, masih kurang sesuai dengan siswa kelas IV SD. Alasan memilih wacana yang ada pada buku siswa kelas IV, karena kelas IV SD merupakan awal siswa belajar pada tingkat pemahaman, lebih khususnya pada kegiatan membaca. Artinya, apabila siswa kesulitan memahami wacana-wacana tersebut maka siswa akan mengalami kesulitan dalam memahami dan menguasai wacana atau materi tersebut. Selain wacana dilihat dari keterbacaannya, wacana yang baik juga menggunakan kalimat yang memperhatikan struktur ataupun pola-pola kalimatnya. Struktur kalimat berkaitan dengan unsur-unsur pembentuk kalimat, yaitu subjek (S), predikat (P), objek (O), pelengkap (Pel), dan keterangan (K). Wacana yang terdapat pada buku tematik kelas IV menggunakan pola-pola kalimat yang beragam dan kalimat yang digunakan masih banyak menggunakan kalimat yang panjang. Perluasan kalimatnya ada yang tidak mengikuti 6 tipe pola kalimat dasar, sehingga dirasa cukup sulit untuk menentukan unsur kalimatnya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/91697
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository