Terhadap Keputusan Pembelian Produk Eiger Di Jember the Influence of Brand Image and Product Quality on the Purchasing Decisions of Eiger Products in Jember
Abstract
Lahirnya fenomena baru di masyarakat Indonesia yaitu hobi baru yang berkegiatan di alam bebas atau yang disebut dengan outdoor. Banyak perusahaan yang menawarkan merek dan kualitas yang bagus dan menarik bagi konsumen untuk melakukan kegiatan outdoor. Hobi baru yang berkegiatan dialam bebas tidak terlepas dari adanya wisata – wisata alam yang ingin dikunjungi oleh masyarakat. Jawa Timur merupakan provinsi yang memiliki potensi objek wisata terbanyak dijawa karena Jawa Timur termasuk provinsi terluas diantara enam provinsi di Pulau Jawa dengan luas 47.963 kilometer persegi. Sehingga pada setiap kota di Jawa Timur pasti memiliki objek wisata. Salah satu kabupaten yang dijadikan sebagai tujuan wisata yaitu Jember. Banyaknya wisata alam yang ada di Jember sangat memudahkan masyarakat yang memiliki hobi berkegiatan dialam bebas. Mereka dapat mengunjungi berbagai macam tempat wisata alam untuk melakukan kegiatan terbuka (outdoor).
Salah satu perusahaan yang memproduksi peralatan dan perlengkapan outdoor terbesar di Indonesia dan telah memiliki pangsa pasar yang luas yaitu menguasai 80% pasar lokal adalah PT. Eigerindo Multi Produk Industri atau yang biasa dikenal sebagai Eiger. Eiger merupakan perusahaan retail penghasil peralatan untuk kegiatan outdoor. Saat ini Eiger memiliki toko dan gerai yang berjumlah sekitar 300 yang tersebar di berbagai kota di Indonesia dengan kategori yang berbeda – beda mulai dari flagship, showroom, toko, konter dan agen ritel, dengan kantor pusat dan pabrik yang terletak di Jalan Soreang KM 11.5 No.127A Bandung.
Meningkatnya jumlah perusahaan yang sejenis dipasar, dalam hal ini membuat Eiger harus bisa bersaing dengan para pelaku bisnis yang merupakan kompetitor. Sebagaimana mestinya suatu bisnis pasti banyak produk lain yang memiliki jenis produk yang sejenis dengan Eiger seperti Rei, Kalibre, Pondok
Gunung Outdoor Equipment Shop, dan Consina, sebagai perusahaan yang menawarkan produk yang sejenis yang terletak disekitar lokasi Eiger Adventure Store Jember.
Keputusan pembelian terhadap produk Eiger dipengaruhi oleh Brand Image dan kualitas produk. Kelebihan yang dimiliki Eiger untuk bersaing dipasar diantaranya yaitu Eiger memiliki pilihan produk yg beragam mulai headwear hingga footwear, memiliki segmentasi produk yang beragam mulai untuk kegiatan peak, path, tour, trail, ride, daily and lifestyle, dalam hal pengembangan dan desain produk, memiliki Eiger Adventure Service Team, selain itu juga bahan produk yang digunakan berkualitas dan tahan lama serta Eiger memberikan garansi selama satu tahun khusus untuk pembelian produk tas dan jam tangan, sehingga hal ini dapat berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen terhadap produk Eiger. Merek Eiger banyak direkomendasikan oleh para anggota di website backpacker Indonesia yang mencapai 41.684 orang. Selain itu, kesuksesan dalam persaingan kaitannya dengan brand image dan kualitas produk yang dimiliki Eiger dibuktikan dengan adanya perolehan TOP Brand Awards yang diraih oleh Eiger.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data yang diperoleh merupakan data penyebaran kuesioner kepada responden dengan jumlah 60. Responden tersebut merupakan konsumen yang melakukan transaksi pembelian terhadap produk Eiger Adventure Store di Jalan Karimata Nomor 51 Jember. Data yang diperoleh diuji menggunakan analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa masing – masing variabel Brand Image dan Kualitas Produk secara parsial memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan secara simultan variabel Brand Image dan Kualitas Produk memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.